Geo Bike Caldera Toba 2016 Resmi Dimulai

Deretan sepeda yang siap mengikuti
event Geo Bike Caldera Toba 2016.
Foto: Istimewa
Dairi, OG Indonesia -- Event Geo Bike Caldera Toba 2016 telah dimulai. Dalam acara pembukaan yang dilakukan di Silalahi, Kabupaten Dairi, Sabtu (09/04), ditandai dengan acara tarian penyambutan tamu dilanjut dengan kata sambutan mewakili panitia oleh Irwansyah Harahap selaku Manager Produksi dan Ketua Jendela Toba.

Dalam sambutannya Irwansyah Harahap mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia dan dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serta tujuh Kabupaten di Kawasan Danau Toba. "Acara ini juga diadakan dalam rangka HUT Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang Ke-68 dan kaitannya untuk mendukung Danau Toba masuk dalam Geopark Global Networking oleh UNESCO," jelas Irwansyah.

Sebastianus Tinambunan, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi menyambut baik kegiatan Geo Bike Caldera Toba untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Dairi yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Hasban Ritonga yang membuka acara menyampaikan bahwa komitmen untuk Danau Toba patut diseriusi. "Oleh karena itu diperlukan sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat untuk mendorong Danau Toba menjadi ikon pariwisata Indonesia," kata Hasban Ritonga.

Silalahi menjadi awal start kegiatan Geo Bike Caldera Toba, mengingat posisi Silalahi yang masuk dalam Kaldera Haranggaol. Geo Bike Caldera Toba 2016 merupakan telah memasuki tahun kedua, di mana event ini telah dimulai sejak tahun 2015. 

Pada tahun ini, Geo Bike Caldera Toba diikuti sekitar 200 peserta yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia dari Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Medan, Siantar, Aceh, Ketapang,Bengkalis, Kalimantan dan Makassar.

Adapun yang berbeda dari kegiatan pada tahun ini dari sebelumnya yakni pada tahun ini lebih mengekspos seluruh kawasan di sekitar Danau Toba yang sekarang terdiri dari tujuh kabupaten yaitu Dairi, Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan dan Samosir.

Dalam rangkaian kegiatan Geo Bike Caldera 2016 telah diawali pada 8 April 2016 dengan acara panggung rakyat yang dilakukan di Silalahi, Kabupaten Dairi. Acara tersebut menampilkan seniman lokal di antaranya Bandipos, mewakili Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olarahraga Kabupaten Dairi. Dihadirkan pula aneka kreatifitas seni dari pelajar-pelajar di Dairi seperti dari SMA Risma Duma Sumbul dan SMA Negeri 1 Silalahi dengan mempertunjukkan berbagai seni budaya Dairi. RH

Geo Bike Caldera Toba 2016 Resmi Dimulai Geo Bike Caldera Toba 2016 Resmi Dimulai Reviewed by OG Indonesia on Minggu, April 10, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.