Proyek Tangguh Train 3 Mulai Tambah Pekerja Jadi 7.700 Personil


Jakarta, OG Indonesia --
BP Berau Ltd sebagai operator Lapangan Tangguh di Papua Barat, akan meningkatkan laju pembangunan Tangguh train 3 melalui penambahan jumlah pekerja di lapangan (person on board - pob)  dari 6.300 pob menjadi 7.700 pob. Langkah tersebut dilakukan setelah operator dapat menjaga Lapangan Tangguh bebas COVID-19 dan memiliki kesiapan tindakan tanggap darurat untuk menjaga kemajuan proyek.

“SKK Migas menerima laporan dari BP Berau Ltd perihal perkembangan jadwal proyek ekspansi Tangguh train 3. Keberhasilan operator menjaga proyek bebas COVID-19 adalah berita yang menggembirakan. Hal ini menunjukkan proyek hulu migas tetap dapat direalisasi dengan cara melaksanakan protokol kesehatan COVID-19 dan menerapkan standar K3 pada level yang tinggi,” kata Susana Kurniasih Plt. Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas dalam keterangannya kepada OG Indonesia, Jumat (11/9/2020).

Peningkatan jumlah pekerja di lapangan dilakukan setelah melalui serangkaian evaluasi. BP Berau Ltd sendiri selaku operator berencana menambah jumlah pekerja proyek Tangguh train 3 secara bertahap. “Kami berharap langkah tersebut sebagai salah satu upaya untuk dapat mempercepat penyelesaian proyek yang sempat melambat karena adanya pandemi COVID-19,” ujar Susana.

Sebelumnya, ketika pandemi COVID-19 mulai masuk ke sejumlah daerah di Indonesia pada akhir Februari 2020, industri hulu migas menurunkan kegiatan di lapangan secara signifikan, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus korona. Kala itu proyek Tangguh harus mengurangi pekerja di lapangan, dari 13.000 pob menjadi sekitar 6.300 pob. Pengurangan hingga 50% pekerja tersebut merupakan rekomendasi medis agar dapat dilakukan skenario “jaga jarak” di lapangan.

Susana menambahkan dengan mulai ditingkatkannya jumlah pekerja proyek di Tangguh train 3 akan menjadi kabar baik bagi industri penyedia barang/jasa dan masyarakat lokal. “Meningkatnya serapan jumlah pekerja proyek akan berdampak positif bagi perekonomian, menciptakan lapangan kerja dan tentunya sebagai salah satu bentuk dukungan industri hulu migas untuk dapat menjaga daya beli masyarakat di tengah wabah COVID-19,” lanjutnya. 

Tangguh train-3 adalah proyek strategis nasional yang saat sudah onstream akan memberikan tambahan produksi migas nasional yang signifikan. Proyek ini akan menghasilkan minyak sebesar 3.000 BOPD dan gas sebesar 700 MMscfd. Nilai investasi proyek Tangguh train-3 diperkirakan sebesar US$ 8,9 miliar. Adapun sampai Juni 2020 realisasi perkembangan  proyek Tangguh train-3 untuk onshore sebesar 83,27% dari target 84,35% (rebaseline plan), dan perkembangan offshore sebesar 98,15% dari target 99,39% (plan). (R1/Migas Indonesia)



Proyek Tangguh Train 3 Mulai Tambah Pekerja Jadi 7.700 Personil Proyek Tangguh Train 3 Mulai Tambah Pekerja Jadi 7.700 Personil Reviewed by OG Indonesia on Jumat, September 11, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.