Ingin Disegani di Kancah Internasional, Elnusa Lakukan Transformasi dan Inovasi

 


Jakarta, OG Indonesia -- 
PT Elnusa Tbk perusahaan terkemuka penyedia jasa energi di usia 51 tahun semakin percaya diri dalam memberikan layanan jasa energi melalui total solution services. 

Head of Corporate Communications Elnusa Wahyu irfan mengatakan, perjalanan panjang dan berliku tersebut membawa Elnusa berfokus menjadi perusahaan jasa energi yang memberi solusi total di Indonesia. 

"Dengan sebaran jasa yang mulai dari jasa hulu migas, distribusi dan logistik energi, serta jasa penunjang. Sejumlah pencapaian berhasil ditorehkan dalam beberapa dasawarsa terakhir," ucap Wahyu dalam keterangan resminya yang diterima OG Indonesia, Rabu (4/11/2020).

Pada segmen hulu migas, Elnusa merupakan pelopor sejak 1972 dalam mendukung kegiatan survei seismik darat, zona transisi dan laut di Indonesia. Cakupan wilayah survei seismik yang telah dilakukan merupakan yang terbesar di Indonesia. Berbekal kompetensi dan pengalaman, jelas Wahyu, Elnusa telah membuktikan diri dalam mendukung berbagai kegiatan eksplorasi KKKS, SKK Migas dan pemerintah.

Elnusa juga telah berkontribusi aktif dalam melakukan pengeboran di lebih dari 63 sumur VICO Indonesia atau yang sekarang dialihkan kepada Pertamina Hulu Kalimantan Timur dan Sanga-sanga. Jasa electric wireline logging Elnusa yang merupakan bagian dari  produksi hulu migas juga telah lebih dari 30 tahun memberikan pelayanan kepada Pertamina Grup. 

"Terlebih lagi Elnusa juga berhasil mengikat diri menjadi market leader dalam jasa hydraulic workover di Indonesia berkat pengalaman dan inovasinya," terang Wahyu.

Masih pada segmen hulu migas, melalui layanan dalam kegiatan operation & maintenance, Elnusa juga memiliki kompetensi dalam pekerjaan decommissioning. "Meskipun ini merupakan pengalaman pertama, namun Elnusa berhasil mendukung PHE – ONWJ dalam menyelesaikan Project Decommissioning Platform YYA Removal," jelasnya.

Sementara itu dari segmen distribusi dan logistik energi, Elnusa kini mengelola 49 fuel terminal dan menjadi operator distribusi BBM nasional termasuk mendukung tercapainya BBM satu harga di wilayah Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara dan Indonesia timur lainnya. 

Pencapaian yang diraih tersebut, menurut Wahyu tidak lepas dari beragam inovasi dan kreativitas yang merupakan kunci daya tahan dan keberhasilan perseroan selama ini. "Kreativitas untuk pembaruan dan kemampuan beradaptasi melalui inovasi adalah keharusan yang mesti dilakoni perusahaan jasa energi demi memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan," tuturnya.

Dipaparkan olehnya, Elnusa telah melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kapabilitas serta kapasitas Indonesia dalam industri migas. Salah satunya adalah Petrofin Oil Spill Dispersant yang merupakan inovasi dari anak usaha Elnusa yaitu PT Elnusa Petrofin. Oil dispersant menggunakan bahan kimia dalam penanganan tumpahan minyak dengan cara membuat lapisan minyak yang tumpah menjadi butiran mikro sehingga mempercepat proses remediasi. 

Selain itu dalam rangka mendukung produksi migas nasional, Elnusa kembali merakit sendiri unit terbaru hydraulic workover unit (HWU) hasil sinergi Elnusa dengan anak perusahaan. Unit dengan nama Elnusa Hydraulic Rig 14 atau EHR-14 ini merupakan unit ketiga yang sepenuhnya difabrikasi oleh anak bangsa. 

Inovasi yang juga sedang dikembangkan dan berbasis IoT (internet of things) adalah smart water meter dan smart power meter untuk mendukung pengelolaan air, yang dilakukan di Kota Tangerang. Sistem ini merupakan solusi pelayanan  mengurangi tingkat kehilangan air atau non-revenue water (NRW) perusahaan penyedia air dan memudahkan masyarakat dalam mengatur penggunaan air di rumah. 

Untuk mengantisipasi disrupsi, Elnusa membangun lab inkubator inovasi bernama Agni, yang akan mengelola dan mengembangkan inovasi, ide dan kreativitas yang ada di lingkungan perusahaan. Dengan adanya Agni, Elnusa bersiap diri tidak tertinggal dalam era industri 4.0.

“Dengan segala kompetensi yang dimiliki dan transformasi serta inovasi yang telah dilakukan, Elnusa berharap dapat terus maju menyongsong tahun-tahun mendatang penuh lebih percaya diri lagi dengan bekal kinerja yang terus tumbuh tinggi ditopang oleh sumber daya manusia yang berkomitmen dan berkualitas multi talenta. Mimpi Elnusa menjadi Perusahaan jasa energi yang mampu membangun kapasitas nasional dengan berbagai prestasi dan inovasi serta disegani di kancah internasional akan lebih cepat terwujud," pungkas Wahyu. R3

Ingin Disegani di Kancah Internasional, Elnusa Lakukan Transformasi dan Inovasi Ingin Disegani di Kancah Internasional, Elnusa Lakukan Transformasi dan Inovasi Reviewed by OG Indonesia on Rabu, November 04, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.