Diversifikasi Bisnis, Indika Energy Tambah Portofolio Non Batu Bara


Jakarta, OG Indonesia --
PT Indika Energy Tbk. (Indika Energy) menegaskan komitmennya dalam mengurangi exposure terhadap batu bara. Indika Energy juga akan aktif menambah sumber pertumbuhan baru di luar sektor batu bara.  

“Tahun ini, kesehatan dan keselamatan karyawan serta kesinambungan operasional  menjadi fokus utama Indika Energy. Selain itu, kami memastikan transisi kami untuk melakukan diversifikasi bisnis dengan menambah portofolio non batu bara terus berlanjut,” tutur Azis Armand dalam acara Paparan Publik secara virtual, Kamis (17/1/2020). Acara Paparan Publik juga dihadiri oleh Retina Rosabai, Direktur dan CFO Indika Energy.

Diterangkan Azis, di tahun 2020 ini perusahaannya terus beradaptasi dan meningkatkan kinerja operasional, serta membangun sinergi dengan anak-anak usahanya. Manajemen juga fokus menjaga kesinambungan operasi dan melakukan berbagai inisiatif sosial penanggulangan COVID-19.  

Menurutnya, penurunan harga komoditas batu bara dan pandemi COVID-19 turut memberikan dampak terhadap industri batubara,  termasuk  Indika  Energy.  Namun  di  tengah  penurunan  harga  batubara,  Perusahaan mempertahankan posisi keuangan yang kuat dengan kas US$602 juta dan net gearing 1,0x per September 2020.

Indika Energy juga melakukan inisiatif Manajemen Liabilitas melalui penerbitan surat utang sebesar US$675 juta, yang hasilnya juga digunakan untuk mendukung diversifikasi usaha. 

Berbagai langkah diversifikasi juga sedang dilakukan, di antaranya dengan  membangun terminal penyimpanan BBM di Kariangau, Kalimantan Timur untuk ExxonMobil yang telah beroperasi sejak awal November 2020. Indika Energy  juga melakukan investasi strategis di perusahaan pertambangan emas Nusantara Resources Limited (Nusantara) yang mengembangkan Proyek Awak Mas, sebuah tambang emas di Sulawesi Selatan, di mana kepemilikan total saat ini adalah 45,8% saham. 

Di tengah situasi pandemi COVID-19,  Indika  Energy  terus  memprioritaskan  kesehatan  dan  keselamatan karyawan di seluruh grup perusahaan dan tetap beroperasi normal, sebagai upaya mendukung ketahanan energi nasional. Perusahaan juga bergotong-royong, membangun fasilitas pemeriksaan PCR dan pusat isolasi sementara,  serta  melakukan  aktivitas  CSR  dan  donasi  sebesar  US$5,6  juta  untuk  membantu  upaya penanganan COVID-19 di Indonesia.

Indika Energy juga fokus dan memperkuat komitmen untuk mengembangkan usaha yang berkelanjutan dan bertanggung jawab melalui  implementasi  ESG (Environmental, Social, and  Governance) dalam  seluruh aktivitas  operasional  perusahaan.  Saat  ini Indika Energy  dan  beberapa anak  perusahaan  seperti  Kideco, Petrosea, Indika Indonesia Resources dan Interport Mandiri Utama sudah mendapatkan sertifikat ISO 37001 untuk sistem manajemen anti penyuapan, sementara anak usaha yang lain sedang dalam proses.  

"Gotong-royong adalah budaya bangsa yang selalu kami junjung dan selaras dengan tata nilai Perusahaan. Indika Energy berkomitmen membangun bangsa dan memberi sumbangsih terhadap Indonesia,” tutup Azis. R2

Diversifikasi Bisnis, Indika Energy Tambah Portofolio Non Batu Bara Diversifikasi Bisnis, Indika Energy Tambah Portofolio Non Batu Bara Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Desember 17, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.