Terapi Sehat dan Bugar ala Leuhang Isti Khofifah


Kabupaten Bandung, OG Indonesia --
Indonesia kaya akan pengobatan kesehatan tradisional, salah satunya adalah perawatan kesehatan dan kecantikan ‘leuhang’ dari Tanah Pasundan. Tidak hanya digandrungi kaum hawa, leuhang juga sangat cocok baik pria dewasa dan anak-anak remaja. 

Dalam budaya sunda, sauna dengan uap air dikenal dengan sebutan leuhang. Biasanya sauna leuhang dilengkapi dengan berbagai campuran rempah-rempah, yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, diantaranya nyeri otot, pegel-pegel, kolesterol atau penyakit kronis lainya. Leuhang bahkan mampu membakar lemak tubuh. 

Leuhang merupakan perawatan kesehatan yang menjadi warisan budaya Jawa barat. Berbeda dengan sauna pada umumnya yang dilakukan di ruangan besar, leuhang hanya di lakukan di dalam kotak berukuran 1,5 x 1,5 meter. Di dalam kotak tersebut, terdapat sebuah lingkaran berlubang yang dimanfaatkan untuk menyembulkan kepala. Kotak tersebut akhirnya akan dialiri oleh uap rempah dengan aroma yang khas. 

Salah satu pemilik rumah terapi leuhang di Soreang, Kabupaten Bandung, Isti Khofifah mengatakan leuhang  terbukti membuat pasien kembali bugar dan sehat setelah tubuh berkeringat dengan aroma rempah yang khas. “Cukup 15 menit, dengan leuhang tubuh menjadi sehat dan bugar,” kata Isti, Rabu (23/12/2020).

Isti mengaku telah memulai bisnis leuhang sejak 4 tahun lalu dan dalam sehari bisa melayani hingga 10 pasien. Harganya? Tidak terlalu mengocek kantong dalam-dalam karena sauna leuhang sangat terjangkau.

Selain leuhang, Isti khofifah juga menerima perawatan ear candling dan bekam, yang tujuannya untuk kenyamanan dan perawatan  pasien. Tertarik? Datang saja ke Leuhang Isti Khofifah, Kampung Ciluncat, Rt 02 Rw 02 Gang Masjid Nurul Bayang, Soreang Kabupaten Bandung, Jawa Barat atau hubungi 0813-2164-2058. R3

Terapi Sehat dan Bugar ala Leuhang Isti Khofifah Terapi Sehat dan Bugar ala Leuhang Isti Khofifah Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Desember 24, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.