Pertamina Didesak Non Aktifkan Dirut PT Kilang Pertamina Internasional


Jakarta, OG Indonesia --
Ferdinand Hutahaean, Direktur Eksekutif Energi Watch Indonesia mempertanyakan kinerja manajemen PT Kilang Pertamina Internasional atas kejadian terjadinya kebakaran tanki di Kilang Balongan awal pekan ini.

Dia mengutip pernyataan Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama, tentang penyebab kebakaran di Kilang Balongan dari salah satu media nasional yang menyatakan bahwa adanya kebakaran dikarenakan adanya kebocoran tanki, tapi belum diketahui mengapa ada kebocoran. Karena menyangkut pengamanan kilang, seharusnya tak boleh ada kebocoran terbiarkan yang berarti merupakan suatu bentuk kelalaian.

"Pernyataan ini tentu menimbulkan pertanyaan besar, ada apa dengan manajemen PT Pertamina Kilang Internasional? Mengapa tak bisa mendeteksi adanya kebocoran tersebut?" tanya Ferdinand dalam keterangannya, Jumat (2/4/2021).

Padahal di era teknologi saat ini, menurut Ferdinand, kebocoran semacam itu mestinya bisa terdeteksi dengan mudah. "Ini juga kaitannya dengan perawatan tanki, apakah PT KPI tak melakukan perawatan rutin sehingga ada kebocoran tak terdeteksi?" ucapnya mempertanyakan kembali.

Atas dugaan-dugaan tersebut, dia pun menyarankan kepada manajemen Pertamina khususnya kepada Dirut Pertamina untuk sementara menarik dan menonaktifkan Dirut PT Pertamina Kilang dan seluruh Direktur di sana untuk kemudian diperiksa dan dimintai pertanggungjawaban sebagai manajemen PT KPI yang membawahi Kilang Balongan. "Hal ini perlu sebagai tindak lanjut atas pernyataan Ahok Komut Pertamina bahwa penyebab kebakaran adalah adanya kebocoran dan sistem pengamanan di Kilang Balongan," tegasnya

Ditambahkan olehnya, langkah tersebut perlu dilakukan supaya tidak ada rekayasa data dan rekayasa informasi di Kilang Balongan terkait dengan peristiwa kebakaran tersebut. 

"Jangan sampai sumber utama dan penyebab utama kebakaran menjadi berbelok dan tidak sesuai fakta sesungguhnya. Kita tidak sedang menuduh tapi perlu waspada supaya ke depan Pertamina bisa mencegah hal serupa terulang," paparnya. 

"Saya sarankan segera non aktifkan Dirut PT KPI dan seluruh jajaran direktur untuk dimintai keterangan dan pertanggung jawaban sambil kita menunggu penyelidikan resmi atas penyebab kebakaran," pungkas Ferdinand. RH



Pertamina Didesak Non Aktifkan Dirut PT Kilang Pertamina Internasional Pertamina Didesak Non Aktifkan Dirut PT Kilang Pertamina Internasional Reviewed by OG Indonesia on Jumat, April 02, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.