Digitalisasi Jadi Solusi Keberlanjutan Industri Tambang


Jakarta, OG Indonesia --
Schneider Electric, pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi, dan AVEVA, pemimpin global dalam perangkat lunak untuk transformasi digital industri dan sustainability, mengumumkan solusi teknologi gabungan kedua perusahaan yang mendukung inisiatif keberlanjutan perusahaan tambang dalam empat pilar utama. Mulai dari efisiensi energi, peningkatan hasil, adopsi teknologi rendah emisi gas rumah kaca, dan proses produksi ramah lingkungan.

Seperti diketahui, dekarbonisasi global sangat bergantung pada proses produksi yang berkelanjutan termasuk di sektor tambang logam, mineral dan komoditas. Karena itu sektor tambang logam dan mineral yang berkembang dan sehat berperan sangat penting bagi ekonomi global dan mendukung inovasi teknologi dan material baru yang dibutuhkan untuk mengurangi perubahan iklim, perlindungan lingkungan, dan ekonomi sirkular.

Schneider Electric dan AVEVA menyediakan solusi yang dibutuhkan oleh perusahaan tambang logam dan mineral dalam pembuatan keputusan yang tepat dalam memberdayakan para staf di seluruh rantai nilainya agar lebih strategis dalam pembuatan keputusan yang didasarkan pada data dan aspek keberlanjutan. Mendukung akselerasi perusahaan dalam mengatasi berbagai tantangan terkait penerapan praktik berkelanjutan, yang berpotensi mengurangi biaya operasional dan memenuhi tuntutan para pemangku kepentingan.

Menurut hasil survei IDC Technology Spotlight, berjudul Transitioning to Sustainable Mining, Minerals and Metals Practices – bekerja sama dengan AVEVA dan Schneider Electric, terdapat tiga tekanan utama yang mendorong agenda keberlanjutan oleh perusahaan tambang logam dan mineral, yaitu: Perlu meningkatkan ekuitas merek; Mengurangi risiko kecelakaan yang tidak diinginkan; Memastikan kepatuhan terhadap peraturan saat ini dan di masa mendatang. “Teknologi memiliki peranan penting dalam mendukung perusahaan pertambangan,” ucap Ben Kirkwood, Senior Research Manager, IDC Energy Insights - WW Mining, Rabu (28/7/2021). 

Ditambahkan olehnya, upaya untuk mencapai target keberlanjutan, mendapatkan visibilitas dan kontrol yang lebih besar atas kegiatan operasional tersebut memungkinkan perusahaan memperoleh wawasan dan melakukan tindakan yang lebih cepat dan akurat dalam penggunaan energi, air, dan pengelolaan lingkungan operasional. "Analisis global IDC menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki komitmen terhadap strategi keberlanjutan yang dikombinasikan dengan agenda transformasi digital jangka panjang dapat mengungguli pesaing mereka dalam hal pertumbuhan pendapatan dan profitabilitas," sambungnya.

The IDC Technology Spotlight juga memperkuat fakta bahwa ketika industri terus mengalami reaksi balik dari posisinya yang dianggap stagnan pada keberlanjutan, platform dengan kemampuan  analitik memungkinkan peningkatan efisiensi operasional sekaligus meningkatkan visibilitas terhadap perubahan yang dilakukan.

“Operasional yang terintegrasi secara digital dapat memberikan solusi terhadap agenda utama keberlanjutan dengan menggabungkan kecerdasan dan kontrol terhadap penggunaan listrik dan proses,” ungkap David Willick, VP North America, Mining, Minerals and Metals Segment, Schneider Electric. 

Menurutnya, digitalisasi adalah evolusi penting untuk industri sumber daya, dan Schneider Electric dan AVEVA memiliki keunikan dan kualifikasi yang dibutuhkan. "Kami ahli dalam membangun sistem yang terhubung dengan kemampuan analitik yang memberikan wawasan untuk membawa kinerja operasional ke tingkat tertinggi. Bersama-sama, kami telah mendapatkan kepercayaan dari berbagai perusahaan terkemuka dunia dengan ribuan implementasi di lokasi pabrik dan di cloud. Saat ini para pelanggan dapat memperoleh manfaat dari komitmen kami terhadap inovasi yang berpusat pada pelanggan, kemampuan Penelitian & Pengembangan yang terdepan, dan keahlian kami dalam berbagai sektor," paparnya.

“Meskipun manfaat transformasi digital sangat jelas, industri pertambangan sejauh ini dibatasi oleh infrastruktur lama, data yang kurang memadai, dan program pengoptimalan yang lambat,” tambah Martin Provencher, Industry Principal, Mining, Metals and Materials, AVEVA. 

Diterangkan olehnya, serangan siber yang kian meningkat dan tuntutan yang berkembang bagi sektor tambang logam dan mineral yang terdekarbonisasi semakin menekankan pentingnya memiliki ketersediaan data yang memadai dan merangkul pendekatan cloud-first yang aman untuk memvisualisasikan dan mengontekstualisasikan proses di seluruh operasional perusahaan secara global. 

"Kombinasi solusi pengelolaan energi, sistem dan layanan otomasi dari Schneider Electric, dan solusi Transformasi Digital AVEVA memungkinkan pelanggan kami di sektor pertambangan mengubah operasional penambangan konvensional menjadi lebih cerdas, tangguh, dan berkelanjutan," tegasnya.

Corporate Knights baru-baru ini menobatkan Schneider Electric sebagai perusahaan paling berkelanjutan di dunia. Menurut IDC Technology Spotlight, platform EcoStruxure Schneider Electric yang dikombinasikan dengan solusi Digital Mining and Metals Transformation AVEVA dapat memberikan wawasan operasional yang diperlukan perusahaan untuk membuat operasional yang  berkelanjutan dan keputusan yang lebih baik melalui pengumpulan dan analisis data. Sementara solusi AVEVA dapat mendekarbonisasi rantai nilai sektor tambang logam dan mineral melalui penyediaan platform IoT industri dengan elemen teknologi dan perangkat lunak yang mendukung kemampuan pengelolaan energi dan otomasi. R2


 

Digitalisasi Jadi Solusi Keberlanjutan Industri Tambang Digitalisasi Jadi Solusi Keberlanjutan Industri Tambang Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, Juli 28, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.