HSBC, WRI dan WWF, Dukung Solusi Pembiayaan untuk Proyek Energi Terbarukan


Jakarta, OG Indonesia --
HSBC, bekerja sama dengan World Resources Institute (WRI) dan WWF, pada 
hari ini, Selasa (10/8/2021), meluncurkan proyek lima tahun guna mempercepat penggunaan energi terbarukan dan mendorong investasi sektor swasta guna mendukung transisi menuju energi terbarukan, dengan fokus pada sektor komersial dan industri di Indonesia. 

Proyek ini merupakan bagian dari inisiatif global HSBC, Climate Solutions Partnership senilai US$ 100 juta, untuk mengatasi hambatan pembiayaan bagi perusahaan dan proyek yang bertujuan untuk mengatasi dampak perubahan iklim.

Di Indonesia, program ini akan mendukung proyek-proyek berkelanjutan yang seringkali mengalami hambatan untuk mendapatkan pembiayaan akibat belum adanya kerangka kebijakan, kesenjangan antara permintaan dan suplai, atau kurangnya perangkat pengukuran dan business case. 

Selama lima tahun ke depan, kemitraan ini akan berfokus pada meningkatkan ketersediaan solusi pembiayaan yang dapat menumbuhkan permintaan akan energi terbarukan, mendukung pengembangan kebijakan dan peraturan yang mendorong komersialisasi energi terbarukan, dan mengembangkan akses terhadap solusi pembiayaan bagi inisiatif efisiensi energi di sektor komersial dan industri.

“Memenuhi target penurunan emisi karbon membutuhkan pemikiran dan teknologi terkini, dan sektor keuangan memiliki peran yang penting dalam perjalanan ini. Walaupun Indonesia sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim, namun banyak juga solusi yang muncul di negara ini. Melalui program percontohan ini kami bangga dapat membuka peluang untuk mendukung transisi menuju energi terbarukan dan mengembangkan inisiatif efisiensi energi bersama dengan mitra kami WRI dan WWF,” kata Francois de Maricourt, President Director, PT Bank HSBC Indonesia.

Nirarta Samadhi, Direktur WRI Indonesia, menyatakan bahwa transisi energi terbarukan adalah inisiatif yang telah lama ditunggu-tunggu di Indonesia untuk memastikan bahwa Indonesia dapat memenuhi komitmen kepada dunia untuk memitigasi dampak krisis iklim. 

"Kolaborasi antara HSBC, WRI, dan WWF akan memungkinkan kami untuk bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah Indonesia dan sektor komersial dan industri, untuk memastikan bahwa setiap orang dapat memperoleh manfaat dari transisi energi terbarukan," ujarnya.

Alexander Rusli, Ketua Badan Pengurus, Yayasan WWF Indonesia mengatakan bahwa inisiatif ini akan membuka peluang bagi sektor keuangan dan industri untuk bekerja sama dalam mendukung terbentuknya ekosistem yang dapat mendorong pertumbuhan permintaan akan proyek-proyek energi terbarukan di Indonesia guna mendukung target penurunan emisi karbon Pemerintah Indonesia. 

"Hal ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan di Indonesia," tegasnya.

Menurut HSBC Global Research, perubahan iklim merupakan krisis besar bagi Indonesia. Meningkatnya tinggi permukaan air laut telah berdampak pada kota-kota besar di Asia, seperti Bangkok, Jakarta dan Mumbai. 

Selain itu, perubahan cuaca yang drastic juga membahayakan keamanan pangan di kawasan Asia. Peningkatan satu derajat suhu bumi saja akan berdampak sangat buruk bagi 1.800 km garis pantai di Indonesia, keamanan pangan, kesehatan, serta perekonomian Indonesia. Jika ini diabaikan, dampak perubahan iklim bagi masyarakat akan membuat pertumbuhan perekonomian yang berkelanjutan di Indonesia juga akan terhambat.

Program Climate Solutions Partnership merupakan bagian dari strategi iklim HSBC yang diumumkan di bulan Oktober 2020. HSBC berkomitmen untuk menyelaraskan strategi pembiayaan menuju net zero di tahun 2050, sesuai dengan komitmen Paris Agreement, dan berkomitmen untuk memberikan hingga US$1 triliun dalam pembiayaan dan investasi hingga 2030 untuk mendukung nasabah dalam bertransisi menjadi net-zero. 

HSBC juga berkomitmen untuk bekerja sama dengan sektor keuangan dan lainnya untuk mempercepat solusi yang dapat mengurangi dampak katastropik dari perubahan iklim. Program Climate Solutions merupakan bagian penting dari strategi ini. Di Asia Pasifik, kemitraan HSBC, WRI dan WWF berjalan di 14 negara, antara lain: Australia, India, Indonesia, Hong Kong, Japan, Tiongkok, Korea Selatan dan Vietnam. R2

HSBC, WRI dan WWF, Dukung Solusi Pembiayaan untuk Proyek Energi Terbarukan HSBC, WRI dan WWF, Dukung Solusi Pembiayaan untuk Proyek Energi Terbarukan Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Agustus 10, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.