OSKM ITB 2021, Wadah Pembelajaran Budaya dan Pendidikan



Bandung, OG Indonesia -- Sudah sering kita dengar bahwa Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang paling banyak budayanya. Indonesia yang luas ini bagaikan kanvas yang diwarnai oleh berbagai suku-suku dari Sabang sampai Merauke. Semua suku tersebut mempunyai keunikan masing-masing yang  membuat Indonesia makin terkenal akan budayanya. Akan tetapi, apa gunanya semua budaya tersebut apabila kita sendiri sebagai warga negara Indonesia tidak sadar akan kekayaan budaya ini?

Tahun ini OSKM ITB 2021 yang telah digelar pada tanggal 17, 20, 21, dan 22 Agustus 2021 hadir mengusung kepentingan dari pendidikan dan budaya. Visi dari OSKM ITB 2021 sendiri yaitu “OSKM ITB sebagai ruang inspirasi bernavigasi budaya dalam mewujudkan kesadaran berkontribusi untuk Indonesia” yang berarti bahwa OSKM ITB siap untuk menjadi wadah yang membantu membangun kesadaran berkontribusi yang tidak melupakan konteks atau lingkungan sekitar. 


Dalam sambutan Ketua OSKM ITB, Muhammad Fadly Hidayat, mengatakan bahwa Ia berharap OSKM ITB dapat membantu mahasiswa baru untuk sadar kalau kita adalah bagian dari Indonesia yang kaya akan budaya dan penting bagi kita untuk mengenal apa yang menjadikan kita sebagai bangsa Indonesia. Dengan begitu, diharapkan semangat berbudaya ini akan timbul dan membuat kita sadar dengan budaya di sekitar kita. Semangat tersebut juga diharapkan dapat menyadarkan mahasiswa akan  apa kontribusi mereka untuk Indonesia di masa depan. Kontribusi itu sendiri juga diharapkan untuk tetap kontekstual terhadap lingkungan di sekitar kita.

Tidak hanya dari visi, lambang dari OSKM ITB juga mempunyai makna yang mengingatkan akan pentingnya budaya dan pendidikan. Hal ini bisa dilihat dari unsur-unsur di dalamnya seperti sebuah simbol dari Wahana yang mengacu kepada pendidikan sebagai wahana kita untuk berkontribusi bagi masa depan Indonesia. Selain itu juga ada simbol Bunga Kenanga yang memiliki makna bahwa generasi saat ini harus mengenal warisan leluhur seperti budaya agar tidak hilang dimakan waktu. Terakhir, terdapat Gajah yang mewakili Ganesha sebagai identitas dari Institut Teknologi Bandung. Selain itu, gajah juga dikenal sebagai hewan yang bijaksana dalam memberi manfaat serta kedamaian bagi lingkungan di sekitarnya.



Talkshow “Pendidikan yang Berkebudayaan” oleh Kak Butet Manurung


Selain dari visi dan misi, bisa juga dilihat dari rangkaian kegiatan dan materi yang disajikan bahwa OSKM ITB tidak main-main dalam membangun kesadaran akan budaya dan pendidikan. Rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan menjurus pada topik tersebut dengan format yang menarik dan walau dalam pandemi, materi juga disampaikan dengan cara yang tidak membosankan bagi para peserta. Salah satu metode pemberian materi tersebut adalah Talk Show.



Talkshow “Kebebasan yang Bertanggungjawab” oleh Kak Jehian PS



Talkshow kedua yang diadakan pada hari ketiga bertemakan “Kebebasan yang Bertanggung Jawab” dan pembicaranya adalah Kak Jehian Panangian Sijabat yang kerap disapa sebagai Kak Jehian. Kak Jehian sendiri merupakan kelulusan dari Teknik Dirgantara ITB dan kakak kandung dari Jerome Polin. Menurut Kak Jehian, kebebasan yang bertanggung jawab adalah kondisi dimana kita tidak dibatasi, tetapi tetap mempertimbangkan konsekuensinya.



Talkshow “Tantangan Masa Depan” oleh Kak Jovi dan Andovi da Lopez



Talkshow ketiga yang diadakan pada hari terakhir bertemakan “Tantangan Masa Depan” dengan pembicara Kak Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez yang kerap disapa Kak Jovi dan Kak Andovi. Mereka merupakan influencer terkenal di Indonesia dan pemilik channel Youtube SkinnyIndonesian24. Menurut Kak Jovi dan Kak Andovi, untuk menghadapi tantangan masa depan, kita harus memaksimalkan potensi diri masing-masing, semangat belajar, dan mencari teman sebanyak-banyaknya.

 


Galeri OSKM ITB 2021


Galeri OSKM ITB 2021

Untuk lebih mengenal budaya Indonesia, OSKM ITB 2021 juga menghadirkan sebuah galeri dalam website OSKM ITB yang bisa menjadi media untuk menunjukkan aset-aset representasi budaya Indonesia. Dalam galeri ini terdapat 41 buah aset yang diantaranya merupakan hasil dokumentasi dari Pelita Muda ITB serta karya hasil representasi budaya dalam bentuk lukisan dan ilustrasi oleh VASA ITB. Hadirnya galeri ini diharapkan meningkatkan kesadaran akan pentingnya untuk menjaga budaya Indonesia.



Kampus Tour


Roblox ITB


Selain talkshow yang keren, terdapat pula kampus tour yang sangat inovatif dan menyenangkan. Dengan menggunakan aplikasi Roblox, mahasiswa baru diberi kesempatan untuk melihat dan menikmati suasana kampus secara virtual dengan cara berjalan, berlari, bermain, bahkan menaiki kendaraan mengelilingi setiap sudut kampus bersama teman-teman dengan memakai jaket almamater ITB. Selain kampus tour, ada hal-hal inovatif lainnya yang dipersiapkan untuk menyambut mahasiswa baru seperti website, exhibition, dan gather town sebagai sarana pengenalan, pendidikan, serta pengajaran mengenai lingkungan kampus dan budaya. Tidak hanya teknologi, penampilan kesenian serta karya-karya seni mahasiswa ITB yang mengusung nuansa kebudayaan juga ditampilkan selama OSKM ITB 2021 berlangsung. OSKM ITB 2021 ini telah dipersiapkan semenarik mungkin dan dipenuhi oleh persembahan kebudayaan dengan harapan agar mahasiswa dapat menyadari kekayaan keberagaman budaya di Indonesia.

OSKM ITB 2021, Wadah Pembelajaran Budaya dan Pendidikan OSKM ITB 2021, Wadah Pembelajaran Budaya dan Pendidikan Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Agustus 27, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.