Wujudkan KABARI PMI Bersinar, BP2MI Launching Sekolah PMI


Timor Tengah Selatan, OG Indonesia --
Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) meluncurkan Sekolah Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Desa Nunleu, Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (TTS), Kamis (9/9/2021).

Deputi  Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika BP2MI, A. Gatot Hermawan, mengatakan  Sekolah PMI untuk mewujudkan Kabupaten Bebas dari Rekrutmen Ilegal PMI dan Bersih Narkotika (KABARI PMI Bersinar).

"Sekolah PMI sesuatu sangat patut diapresiasi, sekolah ini  mempunyai peran yang sangat penting. Ini adalah pilot project BP2MI dan akan kembangkan ke seluruh Indonesia. Sekolah ini perhatian yang baik bagi desa terutama daerah potensial PMI," ujar Gatot saat peresmian Sekolah PMI.

Gatot menyatakan, Sekolah PMI sebagai sarana informasi, serta  menjadi fungsi bersama  Dinas Tenaga Kerja dan  UPT BP2MI. Jika masyarakat atau calon PMI ingin mencari informasi bisa datang ke sekolah PMI. 

"Sehingga tidak ada lagi bujuk rayu dari sindikat. Sekolah ini tidak hanya melayani PMI dari desa ini tapi untuk semuanya. Saya berharap ini akan membuka mata hati kita, bahwa bekerja ke luar negeri bisa aman," jelasnya

Bupati Timur Tengah Selatan (TTS),  Epy Tahun,  mengapresiasi inisiasi BP2MI dalam membangun Sekolah PMI di Desa Nunleu, Amanatun Selatan.

"Sekolah PMI  untuk mendapatkan dan menuntut ilmu. Ini terobosan baru dari BP2MI. Tujuannya agar masyarakat bisa bekerja lewat jalur resmi. Ini yang diharapkan oleh pemerintah jika ingin bekerja harus resmi jangan ilegal," ujar Bupati saat memberikan sambutan di Sekolah PMI.

Epy Tahun menambahkan, Sekolah PMI  ini untuk mengedukasi masyarakat, karena Pemkab TTS  sangat  konsen dengan urusan PMI. "Kami ingin meluruskan mari berangkat dengan aman pulang dengan nyaman. Jangan pernah tergiur dengan janji sindikat.  Kita  harus  atur dengan baik, ada masalah kita akan proses dengan tuntas. Saya berharap kita akan tekan angka rekrutmen ilegal PMI melalui sekolah PMI ini," pungkasnya

Sementara itu, Direktur Sistem dan Strategi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik, Servulus Bobo Riti, mengatakan dengan sekolah PMI ini, BP2MI sudah memberi ruang  untuk hadir di desa.

"Ini sebuah mimpi baru, era baru, jangan sampai di tentukan oleh sindikat. Kami memilih desa ini satu pendekatan baru untuk PMI, jangan lewat jalan tikus karena banyak sindikat, ujarnya. 

Servulus menambahkan, BP2MI terus konsen dari bahaya sindikat penempatan ilegal dan penyalahgunaan narkotika untuk PMI. "Peresmian Sekolah PMI pada 9 September 2021 sebelumnya didahului  dengan kick off pada 27 Agustus 2021 lalu. Sekolah PMI  merupakan era baru untuk mewujudkan Kabari PMI Bersinar yang merupakan program kerja bersama antara BP2MI, BNN, dan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan "ujar Servulus. 

Wujudkan KABARI PMI Bersinar, BP2MI Launching Sekolah PMI  Wujudkan KABARI PMI Bersinar, BP2MI Launching Sekolah PMI Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, September 10, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.