Opini Liar Seputar Kebakaran di Area Kilang Cilacap

Foto: ET

Jakarta, OG Indonesia --
Banyak opini liar yang beredar di masyarakat yang menyatakan bahwa kebakaran yang terjadi di area Kilang Cilacap disebabkan oleh kesengajaan. Bahkan ada juga opini dari anggota Komisi VII DPR RI yang mengatakan karena sabotase. 

Menurut Inas N. Zubir, Pengamat Energi yang juga Wakil Ketua Komisi VI DPR-RI periode 2017-2019, mengatakan semua opini tersebut tidak berlandaskan bukti, apalagi kalau hal tersebut dilontarkan oleh anggota DPR.

"Bisa-bisa masyarakat menilai mereka asbun alias asal bunyi. Padahal anggota DPR seharusnya tidak asbun, karena mereka adalah lembaga negara yang mengawasi jalannya pemerintahan yang berkuasa, dan sejatinya memiliki perspektif dari sisi peraturan dan perundang-undangan," kata Inas dalam keterangannya, Sabtu (20/11/2021).

Menurutnya, seandainya anggota Komisi VII tersebut mau membaca Permen ESDM No.18/2018 tentang Pemeriksaaan Keselamatan Instalasi dan Peralatan Pada Kegiatan Usaha Migas, pasti akan paham bahwa penyebab kebakaran di Kilang Pertamina Cilacap tidak melulu menjadi tanggung jawab Pertamina, melainkan juga pemerintah, dalam hal ini Kementerian ESDM.

Di mana Permen ESDM No.18/2018 adalah permen yang mengatur mengenai penelaahan desain, inspeksi dan pemeriksaan keselamatan untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan keandalan operasi minyak dan gas bumi. "Inspeksi yang dimaksud tersebut dilakukan pegawai negeri sipil yang jabatannya adalah Inspektur Migas," jelasnya.

Inas melanjutkan, Inspektur Migas diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak untuk melakukan pengawasan pelaksanaan keselamatan, pengawasan penggunaan dan pengembangan potensi dalam negeri, pemeriksaan keselamatan, pengawasan pelaksanaan kegiatan operasional, dan penilaian penerapan sistem manajemen keselamatan pada Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi. "Nah siapakah pegawai negeri sipil tersebut? Kok suaranya tidak pernah terdengar di setiap kejadian kebakaran kilang Pertamina?" tanya Inas.

Selain itu, Permen ESDM tersebut juga mengatur tentang penunjukan badan usaha yang melaksanakan kegiatan inspeksi. "Yang perlu dipertegas adalah, siapa yang menunjuk badan usaha tersebut? Kalau yang menunjuk adalah Pertamina juga, tentunya tidaklah akuntabel karena yang harus menunjuk sejatinya adalah pemerintah melalui kementerian ESDM yang menerbitkan izin baik kilang maupun tangki timbun minyak mentah dan BBM," bebernya.

Permen ESDM No.18/2018 juga menentukan jenis peralatan yang wajib dilakukan Inspeksi dan Pemeriksaan Keselamatan pada Kegiatan Usaha Migas. Berkaitan dengan kebakaran tangki Cilacap, maka yang dimaksud adalah alat pengaman yang digunakan untuk melindungi peralatan (misalnya penangkal petir) dan tangki timbun yang digunakan untuk menyimpan minyak.

Di sisi lain, Permen ESDM No. 18/2018 masih belum lengkap, karena baru sebatas inspeksi belaka, tapi tidak mengatur tentang auditing fasilitas, bangunan, peralatan dan mesin pada kegiatan usaha migas, karena terdapat perbedaan antara inspeksi dengan audit, dimana inspeksi adalah kegiatan untuk memverifikasi, apakah fasilitas, bangunan, peralatan dan mesin sudah memenuhi standar tertentu, sedangkan audit adalah proses untuk mengevaluasi dan mengukur kehandalan atau kinerja fasilitas, bangunan, peralatan dan sebagainya. 

Diterangkan Inas, proses audit didasarkan pada seperangkat pedoman dan standar yang telah ditentukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi apakah ada kualitas dan standar dari yang diaudit tidak sesuai dengan pedoman, norma, prosedur, kode praktik, standar, dan peraturan-peraturan yang terkait dengannya.

"Oleh karena itu, daripada anggota Komisi VII DPR hanya beropini ngalor ngidol, lebih baik memcermati Permen ESDM No. 18/2018 dan kalau perlu mendesak Menteri ESDM untuk memperbaikinya dengan menambahkan audit sebagai salah satu pengawasan kepada badan usaha di industri migas," pungkasnya. R3


Opini Liar Seputar Kebakaran di Area Kilang Cilacap Opini Liar Seputar Kebakaran di Area Kilang Cilacap Reviewed by Ridwan Harahap on Sabtu, November 20, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.