Kilang-kilang Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG ke Masyarakat Aman Selama Nataru


Jakarta, OG Indonesia --
Pertamina melalui Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) yang mengelola seluruh kilang migas di Indonesia menjamin kilang tetap beroperasi normal dan tetap memproduksi produk olahan kilang yang dibutuhkan masyarakat. Pertamina juga memastikan fasilitas operasi di seluruh kilang Pertamina terjaga keandalannya.

Saat ini terdapat 6 Refinery Unit (RU) di Indonesia yang berperan dalam mengelola minyak mentah menjadi produk-produk olahan kilang seperti bahan bakar minyak, LPG, dan produk petrokimia. Dengan kapasitas pengolahan kilang yang saat ini berada di angka sekitar 1 juta barel per hari, kilang-kilang Pertamina merupakan aset penting dalam menjaga ketersediaan BBM dan LPG untuk masyarakat.

Pada masa natal dan jelang tahun baru (Nataru), Pertamina memastikan stok crude yang dibutuhkan berada di level aman dan siap diolah di kilang, serta operasional kilang di seluruh RU tetap berjalan normal.

"Seluruh pekerja kilang mengemban amanah dan tanggung jawab penuh untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan operasional kilang, baik di saat normal, terlebih di masa diperkirakan terjadi kenaikan permintaan masyarakat akan BBM dan LPG seperti saat ini di natal dan jelang tahun baru," kata Ifki Sukarya, Corporate Secretary PT KPI, Sabtu (25/12/2021).

Seperti PT KPI Refinery Unit Plaju yang memastikan produksi BBM dan LPG tetap normal sepanjang libur Nataru. General Manager (GM) PT KPI Refinery Unit Plaju Edy Januari Utama mengatakan PT KPI Refinery Unit Plaju juga memastikan kilang tetap beroperasi secara normal. "Kita pastikan, selama libur Nataru, kilang Pertamina Plaju akan tetap beroperasi 24 jam," ujar Edy.

Ia melanjutkan, penyaluran BBM dan LPG ke Terminal BBM (TBBM) di area Sumatera Bagian Selatan juga tidak mengalami kendala selama Nataru. "Dengan operasional kilang yang normal, maka ketersediaan produk olahan kilang untuk disalurkan ke TBBM tentu terjamin, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," tegas Edy.

Untuk diketahui, sepanjang Januari - November 2021, PT KPI Refinery Unit Plaju telah memproduksi sebanyak 16.393.357 barel BBM dan 89.385,60 MTon LPG dan untuk produksi harian BBM 80,55 MBSD dimana permintaan  77,59 MBSD. Serta untuk LPG produksi harian mencapai 420 MTon dengan jumlah permintaan sekitar 400 MTon.

Sementara itu PT KPI Refinery Unit Dumai juga menjamin kilang tetap beroperasi normal dan tetap memproduksi produk olahan kilang yang dibutuhkan masyarakat. PT KPI Refinery Unit Dumai sendiri merupakan salah satu kilang terbesar yang ada di Pulau Sumatera. Unitnya berada di dua lokasi yaitu Dumai dan Sungai Pakning. Kapasitas produksinya mencapai 170 ribu barel per hari. Produk yang dihasilkan mulai dari Premium, Solar, Pertalite, LPG, Avtur, hingga Green Coke. 

General Manager PT KPI Refinery Unit Dumai, Permono Avianto, menjelaskan bahwa saat ini kilang beroperasi secara normal dalam memproduksi olahan minyak guna memenuhi kebutuhan energi nasional. 

"Seluruh pekerja berkomitmen untuk terus menjaga keberlangsungan operasional kilang, baik di saat normal terlebih di masa perkiraan terjadi kenaikan permintaan masyarakat akan BBM dan LPG seperti saat natal dan jelang tahun baru," ujar Permono. 

PT KPI Refinery Unit (RU) IV Cilacap juga memastikan produksi maupun pasokan BBM tetap aman. Hal itu ditegaskan General Manager  PT KPI RU IV Cilacap, Eko Sunarno terkait momentum Nataru.

Dijelaskan Eko, RU IV Cilacap memegang peran yang sangat penting dan strategis mengingat statusnya sebagai kilang terbesar di Indonesia. “Kapasitas olah crude (minyak mentah) di Cilacap mencapai 348 ribu barrel per hari atau sekitar 33,4 persen dari kapasitas kilang Nasional dan menopang 60 persen kebutuhan BBM di pulau Jawa,” ujarnya. 

Lebih lanjut, pada masa Nataru ini Eko memastikan operasional kilang Cilacap tetap berjalan aman dan normal. “Dengan sumber daya lebih dari 2.500 pekerja dan mitra kerja, kami berkomitmen mengemban amanah dan tanggung jawab penuh menjaga keberlangsungan operasional kilang. Baik di saat normal, terlebih di masa Nataru yang diperkirakan terjadi kenaikan permintaan BBM dan LPG di masyarakat,” ungkap Eko. R3

Kilang-kilang Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG ke Masyarakat Aman Selama Nataru Kilang-kilang Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG ke Masyarakat Aman Selama Nataru Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, Desember 27, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.