KIP Dukung Kegiatan Lifting Minyak Mentah EMCL


Jakarta, OG Indonesia --
Krakatau International Port (KIP) melakukan penandatanganan perjanjian dengan ExxonMobil Cepu Limited yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis (10/3/2022). Ker
ja sama yang ditandatangani untuk kegiatan pemanduan dan penundaan kapal pada Banyu Urip Marine Terminal (BUMT), 

Penandatanganan Kerjasama ini bertujuan untuk mendukung kegiatan Lifting minyak mentah dari Blok Cepu. Kegiatan ini dilakukan langsung oleh CEO KIP Akbar Djohan didampingi Komisaris Utama KIP Melati Sarnita dan Offshore Installation Manager ExxonMobil Cepu Limited Dana Ardian. Penandatanganan ini juga disaksikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim & Energi KemenkoMarves RI Basilio Dias Araujo.

“Kita sepaham bahwa Banyu Urip Marine Terminal atau BUMT ini merupakan Pelabuhan yang harus dikelola secara profesional, kami selaku Badan Umum Pelabuhan (BUP) merasa terhormat dapat bekerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited, sebagai operator Blok Cepu, dan SKK Migas, selaku regulator hulu migas, dalam membantu kegiatan pandu dan tunda di Pelabuhan ini,” jelas CEO KIP Akbar Djohan dalam keterangan resminya, Jumat (11/03/2022).

Tidak hanya menyampaikan adanya kesepahaman, CEO KIP Akbar Djohan juga menyampaikan harapan ke depan dengan adanya kerja sama ini. "KIP berharap dengan adanya kerja sama ini, KIP dapat terus berkolaborasi sehingga tidak hanya target yang ada di KIP, melainkan juga kelancaran operasi produksi minyak dari Blok Cepu dapat terus berkesinambungan sesuai dengan harapan dan dapat berkontribusi dalam menurunkan biaya logistik nasional," ujarnya.

Sementara itu Offshore Installation Manager Exxon Mobil Cepu Limited, Dana Ardian mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak, termasuk Kementerian ESDM, SKK Migas, Kementerian Perhubungan, dan para mitra Blok Cepu serta masyarakat Bojonegoro, Tuban dan Lamongan.

“Kerja sama ini akan membantu kita untuk semakin mengoptimalkan proses tata kelola operasi produksi migas guna memenuhi kebutuhan energi nasional sekaligus membantu membangkitkan perekonomian Indonesia," kata Dana.

Adapun sambutan yang disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim & Energi Kemenko Marves RI Basilio Dias Araujo mengatakan Nota kesepahaman hari ini yang dilakukan Krakatau International Port dan ExxonMobil Cepu Limited merupakan upaya konkrit dalam sinergi menurunkan biaya logistik dan memperkuat distribusi.

"Saya berharap ke depan semakin banyak lagi sinergi yang dilakukan agar kita dapat keluar dari masalah tingginya biaya logistik dan tersendatnya distribusi energi nasional," ucapnya.

KIP merupakan pelabuhan curah terbesar di Indonesia, yang dalam perjalanannya tidak hanya sekali atau dua kali melayani bidang kepelabuhanan khususnya dalam bidang minyak dan gas ataupun sumber energi lain. Sebelumnya KIP telah bersinergi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam penanganan batu bara, yang di mana dalam kegiatan ini dapat menjadikan Pelabuhan KIP sebagai hub bagi batu bara di wilayah Indonesia Bagian Barat. R1

KIP Dukung Kegiatan Lifting Minyak Mentah EMCL KIP Dukung Kegiatan Lifting Minyak Mentah EMCL Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Maret 11, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.