Menteri ESDM Minta Planet Labs Eksplorasi Potensi EBT hingga Identifikasi Tambang Liar di Indonesia


Davos, OG Indonesia --
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pada hari Senin (23/5/2022) waktu setempat, bertemu dengan Co-Founder sekaligus CEO Planet Labs Will Marshall. Kedua pihak tengah mendiskusikan potensi kerja sama bidang energi dan sumber daya mineral (ESDM), terutama upaya mencapai netralitas karbon dan pembangunan berkelanjutan.

Planet Labs, diharapkan dapat segera menjalin kerja sama dengan stakeholders Indonesia untuk mengidentifikasi aktivitas penambangan liar (illegal mining), tanah longsor (landslide), dan eksplorasi potensi Energi Baru Terbarukan.

"Di luar sektor itu, kita juga bisa bekerja sama di sektor pertanian, border guard/perbatasan, dan kehutanan yang tujuannya untuk monitoring kelestarian hutan serta mencegah pemanfaatan SDA yang ilegal," kata Arifin kepada CEO Planet Labs di sela-sela pertemuan tahunan World Economic Forum di Davos, Swiss.

Planet Labs merupakan perusahaan pencitraan bumi (earth imaging) yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat. Perusahaan ini mengoperasilan 200 satelit yang punya kemampuan foto citra bumi dengan ketajaman luasan 1 km2, satu kali setiap hari, serta 21 satelit yang mempunyai kemampuan sampai dengan 0,5 m dengan pengambilan citra 10 kali per hari.

Planet Labs juga telah menjadi bagian dari kemitraan global dalam melayani data pembangunan bekelanjutan. Perusahaan startup yang berdiri tahun 2010 ini ingin mengubah paradigma manusia terhadap kemajuan ilmu pengetahuan tentang bumi dengan meluncurkan satelit kecil sebagai uji-coba yang dinamakan Doves. Startup ini juga termasuk salah satu startup yang paling cepat menerima modal besar.

Sebagai Co-founder dan CEO Planet Labs, Will Marshall menerima gelar Ph.D. di bidang Fisika dari Universitas Oxford dan Magister Fisika dengan konsentrasi Sains dan Teknologi Luar Angkasa dari Universitas Leicester. Will juga merupakan kandidat Postdoctoral di Universitas George Washington dan Universitas Harvard.

Tak hanya pekerja keras, open minded, dan punya visi besar, penampilan Will saat bertemu Menteri ESDM juga bersahaja dan menarik perhatian. Will terlihat tampil casual dan sederhana dengan mengenakan kemeja biasa, lengan panjang, bagian bawahnya tidak dimasukkan celana jeans. Celana tersebut juga dipadukan dengan sepatu kets hitam. Ia pun nampak sendirian tanpa didampingi stafnya. Gaya penampilan ini mengingatkan sosok Elon Musk, pemilik Space X. R2

Menteri ESDM Minta Planet Labs Eksplorasi Potensi EBT hingga Identifikasi Tambang Liar di Indonesia Menteri ESDM Minta Planet Labs Eksplorasi Potensi EBT hingga Identifikasi Tambang Liar di Indonesia Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, Mei 25, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.