Komitmen TKDN Produk Pelumas Pertamina


Jakarta, OG Indonesia --
PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Pertamina berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk pelumas unggulan karya anak bangsa yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

PTPL telah mensertifikasi sebanyak 128 produk pelumas dengan nilai kandungan melebihi dari 40% dan dengan total rata-rata TKDN atas 70% untuk produk pelumas segmen otomotif dan industri.

"Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk terus meningkatkan pemanfaatan produk dalam negeri dan mengutamakan industri domestik pada pelaksanaan proses bisnis maupun proyek Pertamina, tak terkecuali produk-produk pelumas," kata Intania Pringgo, Public Relation PT Pertamina Lubricants dalam keterangannya, Senin (18/7/2022).

Ini juga sesuai dengan regulasi Pemerintah untuk mendorong pergerakan ekonomi nasional yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri serta peraturan Kementerian terkait lainnya. 

Dari sisi produksi (manufacturing) pelumas, PTPL menggunakan raw material core (bahan baku utama) sejumlah >87% dengan produk dalam negeri dan raw material support (bahan baku pendukung / packaging) menggunakan 100%. produk lokal. 

Produk-produk pelumas ini antara lain GC lube, Kompen, Turalik, Masri Series, Meditran Series, Turbolube, Medripal, Mesran, Prima XP, Mesran dan masih banyak lagi. 

Direktur Utama PTPL Werry Prayogi mengatakan bahwa dengan TKDN yang tinggi, produk pelumas Pertamina mampu bersaing secara kompetitif di pasar dan memiliki daya saing yang tinggi di industri nasional. PTPL juga mendukung program pemerintah dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dengan terus menyuplai pelumas untuk segmen industri di sektor-sektor strategis di Indonesia. 

Sampai saat ini, PTPL terus melakukan sertifkasi TKDN oleh surveyor independen untuk produk-produk lainnya. RH

Komitmen TKDN Produk Pelumas Pertamina Komitmen TKDN Produk Pelumas Pertamina Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, Juli 18, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.