Pemanfaatan Kendaraan Listrik Bisa Tingkatkan Porsi EBT dalam Bauran Energi


Jakarta, OG Indonesia --
Pemanfaatan kendaraan listrik bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan porsi energi baru terbarukan (EBT) dalam bauran energi nasional. Hal tersebut dikatakan oleh Mamit Setiawan, Direktur Eksekutif Energy Watch.

Mamit memaparkan pada tahun 2021 lalu persentase EBT dalam bauran energi nasional baru mencapai 11,5%. Padahal target porsi EBT dalam bauran energi nasional tahun 2025 dipasang 23%, dan meningkat lagi menjadi 31% pada tahun 2030 mendatang.

Pada tahun 2022 ini Pemerintah menargetkan porsi EBT dalam bauran energi bisa mencapai 15,7%. Namun sampai pertengahan tahun 2022, persentase EBT dalam bauran energi baru mencapai 12,8%.

"Jadi masih cukup jauh sepertinya. Mudah-mudahan dalam waktu 3-6 bulan ke depan kita bisa mengejar target menjadi 15,7 persen. Dan saya kira, kendaraan listrik ini menjadi salah satu cara kita untuk menuju target bauran energi," ucap Mamit dalam webinar "Peran dan Dukungan PLN dalam Membangun Ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik", Rabu (20/7/2022).

Untuk mendukung terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, Mamit mengatakan diperlukan adanya regulasi yang membuat harga kendaraan listrik bisa terjangkau oleh masyarakat. "Saat ini kendaraan listrik (mobil) yang paling murah masih di angka 600 jutaan (rupiah)," ujarnya.

Mamit menyarankan perlu juga adanya Inpres dari Presiden RI agar penggunaan kendaraan listrik menjadi masif untuk diimplementasikan di lembaga-lembaga pemerintahaan pusat, daerah, serta BUMN.

Penambahan infastruktur kendaraan listrik seperti stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dan penukaran baterai, menurut Mamit juga perlu dilakukan. Selain itu iklim investasi yang kondisi juga diperlukan untuk menarik investor ke dalam ekosistem bisnis kendaraan listrik.

"Kendaraan listrik merupakan solusi dari krisis energi dan defisit APBN atas subsidi dan kompensasi BBM seperti yang terjadi saat ini," pungkas Mamit. RH

Pemanfaatan Kendaraan Listrik Bisa Tingkatkan Porsi EBT dalam Bauran Energi Pemanfaatan Kendaraan Listrik Bisa Tingkatkan Porsi EBT dalam Bauran Energi Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, Juli 20, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.