SP Pertamina UPms III Ajak Masyarakat Wujudkan Kedaulatan Energi Nasional


Bandung, OG Indonesia --
SPP UPMS III (Serikat Pekerja Pertamina UPms III) menyelenggarakan Seminar Energi Nasional dengan Tema "Implikasi Kebijakan Energi Terhadap Kedaulatan dan Ketahanan Ekonomi" pada Minggu (25/9/2022).

Seminar Energi Nasional ini diadakan untuk membuka wawasan masyarakat, khususnya mahasiswa terkait dinamika pengelolaan sektor hilir migas serta mengelaborasi berbagai fenomena ekonomi dan dampaknya terhadap kedaulatan energi dan ekonomi.

Ketua Umum SPP UPms III, Aryo Wibowo membuka sambutan dengan memberikan perspektif terkait kondisi yang dirasakan oleh masyarakat saat ini, terutama yang terkait dengan masalah energi. “Besar harapan agar seluruh partisipan mampu bergerak sebagai pejuang energi demi mewujudkan kedaulatan energi nasional," ujar Aryo.

Seminar ini menghadirkan nara sumber pakar dari bidang ketahanan nasional, ekonomi, energi hingga aktivis energi nasional, seperti adalah M. Rizal Taufikurahman dari INDEF, Harsono Budi Santoso selaku Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT Pertamina Patra Niaga, Presiden FSPPB Arie Gumilar dan aktivis energi Ugan Gandar.

Pada pidato pembukaan, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Jawa Barat Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI -  Mayjen TNI (Purn) Deni K Irawan menyampaikan bahwa, "Energi merupakan soko guru. Bumi dan kekayaan alam beserta isinya harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan bangsa ini." 

Ia juga menjelaskan pentingnya peran instansi dan masyarakat mengantisipasi dampak gejolak dunia, dengan berpegang pada empat konsensus dasar negara, yaitu UUD 1945, Pancasila.

Analisis dan perspektif yang dipaparkan oleh pemateri seminar mampu memunculkan berbagai pertanyaan dari para peserta. Sehingga sesi diskusi yang disajikan dalam seminar mampu menghilangkan asumsi liar yang tidak didasari dengan fakta. 

Tugas penting Pertamina dalam menjaga Kedaulatan Energi Nasional secara jelas disampaikan oleh Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) Arie Gumelar. Meskipun di sisi lain banyak kebijakan yang justru menyulitkan Pertamina.

Pada pembahasan aspek geopolitik dalam pengelolaan energi, Ugan Gandar menyinggung revisi UU Migas No. 22 tahun 2001 yang hingga kini belum kunjung direvisi. Padahal pada tahun 2012 telah dilakukan uji materil terhadap UU Migas dan dikabulkan sebagian oleh Mahmakah Konstitusi. 

Seminar Ini juga dihadiri oleh Pekerja Pertamina, Anggota Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas, Anggota Dewan Energi Mahasiswa (DEM) berbagai region, Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Bandung Raya, Serta Mahasiswa Seluruh Indonesia yang hadir secara Online. RH


SP Pertamina UPms III Ajak Masyarakat Wujudkan Kedaulatan Energi Nasional SP Pertamina UPms III Ajak Masyarakat Wujudkan Kedaulatan Energi Nasional Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, September 27, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.