Percepat Pemanfaatan Panas Bumi, GeoDipa: Ini Investasi Berkelanjutan yang Strategis

Dari kiri ke kanan: Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & Umum, Hanif Osman; Direktur Pengembangan & Eksplorasi, Yudistian Yunis; Direktur Operasi & HSSE, Supriadinata Marza.
Foto: Edi Triyono

Jakarta, OG Indonesia --
PT Geo Dipa Energi (Persero) menggelar kegiatan “Ngobrol Panas Bumi” dengan tema “Peran BUMN Dalam Pemanfaatan dan Pengembangan Energi Panas Bumi di Indonesia” bersama rekan-rekan media di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempercepat penyampaian informasi terkait pemanfaatan panas bumi.

Seperti diketahui, Pemerintah telah berkomitmen dalam mempercepat pemanfaatan sumber energi baru terbarukan, dengan mematok target bauran energi dari Energi Baru Terbarukan sebesar 23 % pada 2025. Ini menegaskan komitmen Indonesia dalam pemenuhan Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Direktur Utama GeoDipa, Muhammad Ikbal Nur, menjelaskan bahwa Indonesia dikarunai Tuhan dengan berbagai sumber energi, termasuk energi terbarukan seperti energi yang bersumber dari panas bumi hingga hydro yang digadang-gadang akan menggantikan energi fosil. Namun demikian, potensi-potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal.

Menurutnya, pengembangan energi panas bumi sebagai salah satu sumber energi terbarukan menjadi sangat penting dalam menjamin ketahanan dan keamanan energi nasional, mengingat potensi panas bumi Indonesia menjadi yang terbesar kedua di dunia. 

Saat ini GeoDipa telah mengusahakan PLTP di 2 tempat, yaitu Dieng - Jawa Tengah dan Patuha – Jawa Barat dengan masing-masing berkapasitas 55 MW. GeoDipa juga saat ini tengah melakukan pengembangan dengan pengembangan 2 PLTP di Dieng dan Patuha tersebut, yaitu PLTP Dieng Unit 2 dan PLTP Patuha Unit 2 dengan masing-masing berkapasitas 55 MW.

“Proyek ini juga menjadi sebuah investasi berkelanjutan yang sangat strategis. Hal ini dikarenakan produksi energi bersih akan meningkat dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, terutama batu bara pada sistem ketenagalistrikan di Jawa-Bali,” ujarnya.

Selain melakukan pengembangan di Dieng dan Patuha, GeoDipa juga juga berkomitmen untuk mempercepat pengembangan pemanfaatan panas bumi di Indonesia melalui program government drilling. Melalui program ini, diharapkan mampu mengurangi resiko pengusahaan di sektor hulu panas bumi dimana selama ini menjadi salah satu tantangan yang dihadapi pengembang/badan usaha dalam melakukan pembangunan PLTP. ET


Percepat Pemanfaatan Panas Bumi, GeoDipa: Ini Investasi Berkelanjutan yang Strategis Percepat Pemanfaatan Panas Bumi, GeoDipa: Ini Investasi Berkelanjutan yang Strategis Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Oktober 07, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.