KLHK Apresiasi Penerapan Teknologi Hulu Migas dalam Menurunkan Emisi Karbon


Badung, OG Indonesia --
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan pelaku usaha sektor hulu minyak dan gas bumi dalam menurunkan emisi karbon di kegiatan operasionalnya. Keberhasilan penerapan teknologi terkini di kegiatan hulu migas akan memberi dampak signifikan pada upaya pemerintah menurunkan emisi karbon secara nasional.

Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), mengatakan  pemerintah menghargai dan menaruh harapan besar terhadap program penurunan emisi melalui penerapan teknologi maju yang telah diterapkan oleh hulu migas. Pasalnya, keberhasilan program ini akan sangat mempengaruhi pencapaian target dekarbonisasi atau Net Zero Emission (NZE) Indonesia

“Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yang amat tinggi terhadap industri hulu migas yang sudah mengawal program penghijauan sebagai komitmen menuju NZE pada 2060 atau lebih cepat,” ujar  Siti Nurbaya saat berbicara pada 3rd International Oil and Gas  Convention 2022 di  Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (24/11/2022). 

Menteri LHK mengatakan Panel Antar Pemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) ke-6 bahwa dalam upaya membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius, dibutuhkan pengurangan emisi gas rumah kaca global yang cepat, dalam dan berkelanjutan, termasuk mengurangi emisi karbon dioksida global sebesar 45% dan sebesar 43% pada 2030. 

Mengacu pada IEA22 Emisi gas rumah kaca global di sektor energi, lanjiut Siti Nurbaya,  pada 2018 dikontribusikan 42% dari batubara, 37% dari minyak, dan 21% dari gas alam. IPCC juga merekomendasikan negara-negara untuk fokus pada pengurangan infrastruktur bahan bakar fosil yang didominasi oleh sektor listrik. Ini ditindaklanjuti dengan keputusan di Glasgow yang mengamanatkan negara-negara untuk beralih ke energi emisi rendah. 

“Sama halnya dengan kondisi global, industri migas di Indonesia, masih memiliki peran signifikan dalam menyediakan kebutuhan energi khususnya di sektor transportasi dan industri,” ujarnya.

“Agar kita dapat bergerak maju mencapai NZE 2060 atau lebih cepat, minyak dan gas dituntut untuk merespons dengan tepat dan cepat  dalam transisi ke dekarbonisasi. Saya juga ingin menyambut perusahaan minyak dan gas yang telah mendeklarasikan atau mengambil langkah-langkah untuk didekarbonisasi pada tahun 2050 dalam menanggapi tantangan ini,” papar Siti.

Sejumlah teknologi  CCS dan CCUS sebagaimana direkomendasikan oleh IPCC R6 telah diterapkan. Selain itu, ada beberapa perusahaan juga telah bergerak maju yang menggeser keseluruhan proses bisnis  terkait aspek teknis dan keuangan. 

“Dalam kesempatan ini, saya juga ingin mengajak SKK Migas dan perusahaan migas untuk membahas lebih lanjut mengenai kemungkinan memasukkan aksi mitigasi jangka pendek ke dalam NDC Kedua mendatang yang rencananya disiapkan pemerintah,” kata Siti. RH


KLHK Apresiasi Penerapan Teknologi Hulu Migas dalam Menurunkan Emisi Karbon KLHK Apresiasi Penerapan Teknologi Hulu Migas dalam Menurunkan Emisi Karbon Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, November 24, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.