Dies Natalis ke-7, Universitas Pertamina Gelar Pesta Rakyat


Jakarta, OG Indonesia --
Ada suasana yang berbeda di Kampus Universitas Pertamina (UPER), Simprug, Jakarta Selatan, pada Rabu (1/2/2023). Terlihat banyak penjual jajanan dan makanan pinggir jalan yang berjejer memenuhi selasar GOR Pertamina Simprug di komplek kampus UPER. 

Ada penjual telur gulung, sate ayam, es doger, es lilin, sampai nasi urap dan kuliner jalanan lainnya. Para penjaja jajanan tradisional tersebut terlihat sibuk melayani para mahasiswa, tenaga pengajar, staf kampus, hingga para tamu undangan yang datang.

Suasana Pasar Rakyat tersebut untuk memeriahkan perayaan Dies Natalis ke-7 Universitas Pertamina. Mengambil tema "Sagilik Saguluk, Salunglung Sabayantaka" yang dalam bahasa Bali bermakna bersatu-padu, menghargai pendapat orang lain, memutuskan sesuatu secara musyawarah mufakat, saling mengingatkan, menyayangi, dan membantu, UPER berupaya untuk terus mendidik mahasiswanya menjadi sumber daya manusia yang andal.

"UPER ini umurnya sekarang sudah tujuh tahun, sudah punya lulusan 2.300 (orang) lebih. Dari 2.300 lulusan itu, 95 persen kira-kira sudah bekerja, menjadi wirausaha atau sekolah lagi," tutur Rektor Universitas Pertamina IGN Wiratmaja Puja kepada wartawan di sela-sela acara Dies Natalis ke-7 UPER.

Wirat mengatakan, kendati masih terbilang muda dari sisi usia, UPER punya branding kuat lewat nama Pertamina yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia. Dengan bekal tersebut, menurut Wirat akselerasi perkembangan UPER bisa jauh lebih cepat sebab didukung oleh Pertamina. Di mana mahasiswa UPER bisa mempelajari studi kasus di lingkungan Pertamina saat di kelas, hingga melakukan field trip ke berbagai unit kerja di Pertamina.

Pada sisi sebaliknya, UPER juga siap menyokong berbagai kegiatan usaha Pertamina yang di masa kini tak hanya sebatas bisnis energi saja. "Tapi fokus kita tetap di bidang teknologi dan bisnis untuk mendukung semua unit usaha Pertamina," jelas Wirat.

Kendati lulusan UPER tidak dijamin dapat langsung di Pertamina, Wirat mengungkapkan sudah banyak jebolan UPER yang sudah banyak bekerja di grup Pertamina.

"Setiap lulusan yang hendak bekerja di Pertamina, itu tidak langsung diterima begitu saja. Ikuti prosedur yang ada, ikut tes, seleksi, wawancara juga. Tapi kelebihannya kami Universitas Pertamina kan mempelajari apa-apa yang dibutuhkan perusahaan," pungkas Wirat. RH

Dies Natalis ke-7, Universitas Pertamina Gelar Pesta Rakyat Dies Natalis ke-7, Universitas Pertamina Gelar Pesta Rakyat Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, Februari 02, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.