Indika Energy Dukung Penanganan Stunting dan Rehabilitasi Mangrove di Indonesia


Jakarta, OG Indonesia --
PT Indika  Energy Tbk.  (Indika Energy),  perusahaan investasi  dengan portofolio bisnis yang terdiversifikasi, bersama dengan anak usahanya Kideco Jaya Agung (Kideco) dan Indika  Nature, melakukan kick-off dua  program keberlanjutannya  yaitu  program  Cegah dan  Tangani Stunting  (Canting)  Berkelanjutan,  serta  program  penanaman  dan  rehabilitasi  mangrove  di  Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.  

Kedua program keberlanjutan ini dipilih melalui proses assessment, analisis data dan pertimbangan yang mendalam  atas  dampak  dari pelaksanaan program. Di mana keberlanjutan  Indonesia  dapat  dicapai  dengan beberapa faktor termasuk bumi yang lestari dan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas dan berbudi luhur, diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.  

Kick-off kedua program ini dihadiri oleh Fahmi Fadli, Bupati Kabupaten Paser; Eko Putro Sandjojo, Komisaris Independen Indika Energy; Azis Armand, Vice President Director dan Group CEO Indika Energy; Retina Rosabai, Direktur Indika Energy; Kurnia Ariawan, Direktur Utama Kideco; Doni Monardo, Advisor Indika Nature; dan Leonardus Herwindo, CEO Indika Nature.  

“Keberlanjutan merupakan elemen inti dari hal-hal yang dilakukan Indika Energy Group, untuk memastikan kegiatan  perusahaan  dan  inisiatif  yang  dilakukan  berjalan  selaras  dengan  keinginan  kami  untuk memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Indonesia,” tutur Azis Armand dalam keterangannya, Senin (20/3/2023).

Program Canting (Cegah dan Tangani Stunting) Berkelanjutan  

Untuk mewujudkan Indonesia yang berkelanjutan, diperlukan generasi masa depan yang sehat dan cerdas. Dilaksanakan  di Posyandu Melati  Putih, Desa Janju, Paser  Kalimantan Timur,  Indika  Energy  bersama Kideco meluncurkan program Canting Berkelanjutan.   

"Stunting menjadi salah satu fokus dalam pembentukan kualitas sumber daya manusia, yang tidak hanya berdampak pada kondisi fisik namun juga kemampuan kognitif anak,” tutur Retina Rosabai. Selaras dengan upaya  Pemerintah  dalam  percepatan  penurunan  prevalensi  stunting  di  Indonesia,  Indika  Energy  dan Kideco akan fokus melakukan intervensi di 14 desa di Kabupaten Paser

Sebelumnya pada  Februari  lalu,  Indika  Energy  dan  Kideco  juga telah  melakukan  assessment  stunting dengan melibatkan berbagai dinas-dinas Pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya termasuk Kepala Puskesmas, Kader Posyandu, serta penerima manfaat program Canting yang dilakukan Kideco saat ini.  

Berdasarkan  hasil  assessment  tersebut, Indika  Energy  bersama  Kideco  akan  melakukan  beberapa intervensi spesifik yang fokus pada area pengembangan kader, peningkatan nutrisi untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak  baduta (usia bawah dua tahun), peningkatan  pengetahuan dan pembangunan infrastruktur kesehatan sehingga semakin memadai.  

"Upaya  menurunkan  angka  stunting perlu  kolaborasi  dan kerja sama dari berbagai pihak. Mewujudkan anak Indonesia yang bebas stunting menjadi salah satu faktor strategis penentu keberlanjutan generasi mendatang,” tutur Retina Rosabai.    

IMPACT, Indika Energy Mangrove Program in Action 

Bersama dengan Indika Nature, Indika Energy pada 15 Maret 2023 menandatangani perjanjian kerja sama dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Indonesia (BRGM) untuk melakukan program penanaman dan percepatan rehabilitasi mangrove.

 Penandatanganan dilakukan oleh Azis Armand, Vice President & Group CEO Indika Energy, dan Ayu Dewi Utari, Sekretaris BRGM, serta disaksikan oleh dr. Fahmi Fadli, Bupati Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Sebagai kegiatan simbolis kerja sama, pada hari yang sama juga dilakukan penanaman sekitar 300 bibit mangrove di Desa Lori, Kalimantan Timur. 

“Mangrove adalah ekosistem pesisir yang penting, dan Indonesia adalah rumah bagi mangrove terluas di dunia. Kami melihat mangrove tidak hanya dapat memberikan dampak terhadap lingkungan namun secara terintegrasi dapat berpotensi untuk meningkatkan perekonomian dan sosial masyarakat setempat,” tutur Azis Armand. 

 Indika Energy telah lama berkomitmen untuk menanam kembali dan merestorasi area tempat perusahaan beroperasi. Di luar area operasional, bersama anak perusahaan dan mitra, Indika Energy telah menanam lebih dari 100 ribu pohon mangrove di seluruh Indonesia.  

Melalui program IMPACT, Indika Energy mendukung upaya Pemerintah dalam penanaman dan rehabilitasi mangrove dalam skala yang lebih luas dan berkelanjutan menuju pencapaian netral karbon di Indonesia. Indika Energy berencana untuk melaksanakan rehabilitasi mangrove di lahan seluas 250 Hektar (Ha) yang tersebar di 4 desa, yaitu Desa Lori, Desa Sungai Langir, Desa Tajur, dan Desa Pasir Mayang di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.  

“Melalui program IMPACT (Indika Energy Mangrove Program in Action), Indika Energy berpartisipasi aktif dalam keberlanjutan rehabilitasi mangrove, tidak hanya memberikan solusi dalam menangani masalah lingkungan hidup, namun terintegrasi menjadi  bagian  dalam  pengembangan masyarakat  di  kawasan mangrove,” tutur Azis Armand, Vice President Director and Group CEO Indika Energy.  

Selain penanaman dan rehabilitasi mangrove, melalui kerja sama ini nantinya juga akan dilakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan melalui penguatan kelembagaan, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia agar mangrove yang ditanam tetap hidup berkelanjutan. RH

Indika Energy Dukung Penanganan Stunting dan Rehabilitasi Mangrove di Indonesia Indika Energy Dukung Penanganan Stunting dan Rehabilitasi Mangrove di Indonesia Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, Maret 20, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.