Pesan Dirut PLN di Munas SP PLN: Bersatu Padu untuk Wujudkan Elektrifikasi 100 Persen


Jakarta, OG Indonesia --
 Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menegaskan bahwa dalam rangka mewujudkan elektrifikasi 100 persen seantero Nusantara, maka semua pekerja di lingkungan PLN harus bersatu padu.

"Semua berkarya bersama untuk PLN, bersatu padu berikan baktimu membangun bangsa ini. Tugas utama PT PLN sesuai dengan amanat dari undang-undang ketenagalistrikan, kitalah yang bertugas untuk menyediakan listrik seantero Nusantara. Itu adalah tugas utama kita untuk menjalankan program ini sebaik-baiknya," ucap Darmawan dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) Serikat Pekerja PT PLN (Persero) (SP PLN) pada Rabu (15/3/2023).

Acara Munas SP PLN yang dibuka oleh Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto ini akan berlangsung hingga Jumat (17/3/2023) di Jakarta. Munas kali ini mengangkat tema 'Mempertahankan Keberlangsungan PLN sebagai Pemegang Amanah Konstitusi dalam Sektor Ketenagalistrikan'. Turut hadir dalam Munas tersebut adalah Komisaris PLN Eko Sulistyo dan sejumlah perwakilan Serikat Pekerja, termasuk Serikat Pekerja dari Finlandia dan Australia

Dirut PLN mengatakan, bahwa setelah mendengar visi dan misi dari Ketua Umum SP PLN Muhammad Abrar Ali dan Sekjen Bintoro, ternyata tujuan dari pengurus SP PLN dan seluruh jajarannya adalah bagaimana melindungi PLN. "Bagaimana menjaga PLN agar lebih jaya lagi di masa depan. Dan dalam konteks itu tentu saja bagaimana seluruh pekerja PLN bisa bersatu kompak maju ke depan menjalankan misi ini dengan tekun apapun tantangannya kita akan maju ke depan," ujarnya.

Darmawan menambahkan, pada waktu dirinya menjabat Wadirut PLN hingga kini sebagai Dirut, dia harus menanggung beban kepemimpinan PLN agar PLN lebih digjaya lagi. Dia pun membeberkan bahwa sejak 2015 sampai 2019, keuntungan bersih PLN meningkat dari sekitar Rp6-7 triliun menjadi sekitar Rp13 triliun. Berdasarkan kondisi tersebut, Dirut PLN pun mengatakan dirinya berupaya agar pegawai PLN bisa lebih sejahtera.

Darmawan sendiri mengaku sangat bangga dengan Munas SP PLN. Ia juga menegaskan dirinya merupakan bagian dari SP PLN. "Selamat Munas SP PLN, ini adalah kebangkitan dari SP PLN, kebangkitan dari PT PLN (Persero), ini adalah kebangkitan dari kita semua, ini adalah tonggak yang bersejarah dalam perjalanan PLN selama 77 tahun. Dan ini membawa perubahan yang sangat besar di mana PLN yang tadinya perusahaan yang statis yang berorientasi pada masa lalu menjadi perusahaan yang dinamis berorientasi pada masa depan," papar Darmawan.

Sementara itu, Ketua Umum SP PLN Muhammad Abrar Ali mengatakan Munas SP PLN merupakan hal yang penting bagi semua pihak di lingkungan PLN. Munas ini menurutnya menjadi wadah dalam merumuskan strategi dan kebijakan dalam rangka menjaga kesinambungan perusahaan, serta mewujudkan kesejahteraan pegawai PLN dan seluruh keluarganya

"Kami bersyukur atas kepercayaan kepada kami berdua dengan Pak Bintoro. Sebagai serikat pekerja kita memiliki hak dan kewajiban yang besar. Termasuk menjaga kepentingan bangsa dan negara. Itu termaktub dalam penjelasan tentang UU serikat pekerja dan buruh. Kami harap Munas ini menghasilkan keputusan yang baik buat semua pihak," ujar Abrar.

Ia menjelaskan dalam Munas kali ini juga akan membahas upaya-upaya untuk meningkatkan produktivitas lewat upaya-upaya kolaborasi. "Kami percaya dengan kolaborasi kita dapat mencapai tujuan bersama ini. Dalam Munas kita juga akan membahas isu terkait keselamatan dan kesehatan kerja, juga membahas berbagai program dan evaluasi kinerja yang dilakukan agar lebih baik lagi," pungkasnya. RH

Pesan Dirut PLN di Munas SP PLN: Bersatu Padu untuk Wujudkan Elektrifikasi 100 Persen Pesan Dirut PLN di Munas SP PLN: Bersatu Padu untuk Wujudkan Elektrifikasi 100 Persen Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, Maret 15, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.