Persiapkan Personel di Kondisi Darurat, Ini yang Dilakukan PEP Poleng Field dan HO Zona 11


Surabaya, OG Indonesia --
Dalam rangka mempersiapkan perwira menghadapi kondisi darurat, Head Office Zona 11 dan PEP Poleng Field menggelar Training Incident Command System (ICS) pada Selasa hingga Kamis (27-29/3/2024) di Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini dinilai penting mengingat industri migas termasuk dalam kategori risiko tinggi. 

Kegiatan ini menghadirkan Yong Ardinal selaku instruktur pelatihan yang merupakan ahli ICS yang telah banyak berkontribusi dalam pelatihan dan pengembangan kemampuan tanggap darurat di industri hulu migas. Pelatihan ICS melibatkan pemahaman tentang struktur komando, peran dan tanggung jawab dalam keadaan darurat, prosedur komunikasi, pengendalian sumber daya, dan strategi manajemen kejadian.

General Manager Zona 11 Muzwir Wiratama, dalam sambutannya menyampaikan betapa pentingnya pelatihan ICS ini, terutama bagi anggota Tanggap Darurat yang tergabung dalam Site Emergency Response Team (SERT) dan Incident Management Team (IMT). 

Muzwir mengatakan harapannya organisasi tanggap darurat tidak pernah aktif yang berarti operasi dalam keadaan aman, namun pelatihan sangat penting sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi kemungkinan kejadian darurat di masa depan.

“Pelatihan ICS berperan penting dalam mempersiapkan personel untuk menghadapi dan mengelola keadaan darurat yang kompleks dan memastikan keselamatan serta respon yang optimal,” tutur Muzwir. 

Training berlangsung selama tiga hari dan mencakup berbagai aspek penting dalam manajemen insiden, termasuk koordinasi tim, komunikasi, serta perencanaan tindakan darurat. Pelatihan ini juga dapat membantu dalam membangun pemahaman yang lebih baik tentang sistem yang terlibat dalam penanggulangan bencana, memperkuat kolaborasi antara organisasi yang berbeda, dan meningkatkan kapasitas respons darurat secara keseluruhan. 

Pada akhir pelatihan, dilakukan table top drill dengan skenario simulasi kebakaran di platform Field Poleng, yang memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka peroleh dalam situasi nyata.

Kerja sama antara Poleng Field dan HO Zona 11 dalam menyelenggarakan pelatihan ICS ini merupakan bukti komitmen mereka dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan tanggap darurat di lingkungan kerja masing-masing. Diharapkan, pelatihan ini akan membantu memastikan bahwa tim tanggap darurat siap untuk bertindak dengan cepat dan efektif dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin terjadi di masa depan. RH

Persiapkan Personel di Kondisi Darurat, Ini yang Dilakukan PEP Poleng Field dan HO Zona 11 Persiapkan Personel di Kondisi Darurat, Ini yang Dilakukan PEP Poleng Field dan HO Zona 11 Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Maret 15, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.