BPH Migas Minta Pertamina Revitalisasi Fasilitas Fuel Terminal Tanjung Pandan di Belitung


Belitung, OG Indonesia --
 Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati 
mengunjungi Fuel Terminal (FT) Tanjung Pandan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Di sana Kepala BPH Migas melihat sarana dan fasilitas seperti tangki penyimpanan BBM dan juga dermaga.

Saat mengunjungi FT Tanjung Pandan, Erika mengingatkan agar Badan Usaha terus menjaga keselamatan pegawai dan lingkungan  "Terus monitor kesehatan dan jaga keselamatan daerah sekitar. Belajar dari pengalaman yang pernah ada, jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komite BPH Migas Eman Salman Arief mengutarakan, dari hasil kunjungan ke FT Tanjung Pandan, didapati sarana  fasilitas masih terjaga dengan baik dan ada fasiltas yang sangat memerlukan revitalisasi. Ia meminta untuk melakukan revitalisasi fasilitas tersebut yang saat ini sedang dipersiapkan Pertamina Patra Niaga dan Elnusa Petrofin.

Situasi Fuel Terminal saat ini juga sudah dipadati rumah masyarakat terutama akses ke Fuel Terminal. Hal lainnya yang sangat memerlukan perhatian adalah pendangkalan pada alur sungai dermaga Fuel Terminal. Kapal yang menuju terminal maupun keluar Terminal sangat terpengaruh pada kondisi pasang surut.

Dengan kondisi tersebut, kiranya perlu dilakukan relokasi Fuel Terminal ke tempat yang lebih memadai dan dengan kapasitas yang lebih besar agar ketersediaan BBM di Belitung lebih terjamin. Saat ini Pertamina Patra Niaga telah mempunyai rencana pemindahan Terminal dan jetty ke Tanjung Batu.

"Mudah-mudahan Pertamina tetap dapat selalu menjaga ketersediaan dan distribusi BBM dengan baik," harapnya.

FT Tanjung Pandan memiliki luas sebesar 17.245 M2 dan mendistribusikan BBM di wilayah Belitung serta Belitung Timur. FT Tanjung Pandan mendapat suplai dari FT Tanjung Gerem, Integrated Terminal (IT) Panjang, IT Pangkal Balam, IT Tanjung Uban, dan FT Belinyu.

Turut hadir pada kesempatan ini Sales Area Manager Bangka Belitung Adeka Sangtraga Hitapriya, Fuel Terminal Manager Bangka Belitung Hadi Tama W, Sales Branch Manager Belitung Mulian Pratama, Sales Branch Manager Bangka Sandi Saryanto. RH

BPH Migas Minta Pertamina Revitalisasi Fasilitas Fuel Terminal Tanjung Pandan di Belitung BPH Migas Minta Pertamina Revitalisasi Fasilitas Fuel Terminal Tanjung Pandan di Belitung Reviewed by Ridwan Harahap on Sabtu, Mei 04, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.