Sabtu, 21 Mei 2016

Kerjasama Pertamina dan Rosneft Segera Terealisasi

Wianda Pusponegoro,
VP Corporate Communication Pertamina.
Foto: Edi Triyono
Jakarta, OG Indonesia -- Kerjasama di sektor migas antara PT Pertamina (Persero) dan Rosneft telah memasuki tahapan final. Hal tersebut mengemuka dalam pertemuan antara Chairman of the Management Board Rosneft Igor Sechin dengan Presiden RI Joko Widodo yang didampingi oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto. 


Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan finalisasi rencana kerjasama kedua perusahaan telah dilakukan selama kunjungan manajemen Pertamina ke Rusia. Menurut dia, kedua perusahaan telah sepakat untuk menandatangani framework agreement untuk kerjasama keduanya di Jakarta.

"Finalisasi sudah dilakukan dan diharapkan pekan depan penandatanganan rencana kerjasama Pertamina dan Rosneft dilaksanakan di Jakarta. Ini merupakan kemajuan yang baik untuk segera merealisasikan  rencana kerjasama Pertamina dan Rosneft," kata Wianda.

Kerjasama Pertamina dan Rosneft mencakup rencana pembangunan kilang baru di Tuban, di mana Pertamina akan menjadi pemegang saham mayoritas. Selain itu, Pertamina juga berkesempatan masuk ke dalam aset-aset hulu migas Rosneft di Rusia. 

"Kami berkomitmen kuat untuk dapat mengakselerasi kerjasama secara konkret untuk mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan ketahanan energi nasional," katanya. RH