Elia Massa Manik: Kalau Saya Tidak Berkontribusi di Pertamina, Pecat Saja!

Elia Massa Manik, Direktur Utama
PT Pertamina (Persero).
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- PT Pertamina (Persero) akhirnya memiliki bos baru. Elia Massa Manik yang sebelumnya menduduki kursi Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III secara tak diduga-duga ditunjuk menjadi Direktur Utama di perusahaan migas nasional Indonesia tersebut.

Diceritakan oleh pria kelahiran tahun 1965 di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini, penunjukan dirinya oleh pemegang saham untuk menduduki kursi Dirut Pertamina merupakan sebuah penghormatan baginya. 

"Amanah ini akan saya jalankan secara sungguh-sungguh dengan kemampuan profesionalisme saya yang ada," kata Elia Massa Manik dalam konferensi pers di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (16/03).

Menurutnya sektor energi yang menjadi bidang usaha Pertamina sangat penting perannya demi perkembangan perekonomian bangsa. "(Sektor) energi ini sangat krusial, sangat menentukan, dan sangat challenging dari sisi industri. Karena kalau energi enggak beres ya semuanya tertahan," jelasnya.

Massa pun mengajak semua stakeholder di Pertamina untuk bersama-sama memajukan perusahaan. "Saya berbicara dengan direksi, kita direksi harus kompak, harus solid. Karena kita dituntut melakukan akselerasi dan punya tanggung jawab," paparnya.

Banyak pihak yang meragukan kemampuan Massa dalam mengelola perusahaan sekaliber Pertamina. Menanggapi hal tersebut dirinya dengan santai menjawab kalau dirinya tak dapat membawa Pertamina lebih bagus dirinya siap diberhentikan.

"Ini kan perusahaan sudah bagus. Kalau saya enggak bisa berkontribusi, kalau saya melenceng, tentu saya ditegur, bila perlu saya dipecat saja," tegasnya.

Elia Massa Manik pernah mengeyam pendidikan di Institut Teknologi Bandung dan Asian Institute of Management. Ia memulai karirnyan di PT Indofood Sukses Makmur. Selanjutnya ia juga pernah berkarir di Suez Group hingga tahun 2001. Ia juga pernah bergabung dengan PT Kiani Kertas, sebelum kemudian bergabung dengan PT Jababeka.

Di sektor migas, ia pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Elnusa, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang jasa migas. Di Elnusa, Massa bergabung pada Juli 2011 sampai 2014, sebelum akhirnya bergabung dengan PTPN III pada April 2016. RH


Elia Massa Manik: Kalau Saya Tidak Berkontribusi di Pertamina, Pecat Saja! Elia Massa Manik: Kalau Saya Tidak Berkontribusi di Pertamina, Pecat Saja! Reviewed by OG Indonesia on 23.20 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.