Kementerian ESDM Gandeng BNPT Amankan Obyek Vital Energi dari Ancaman Terorisme

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Kementerian ESDM yang diwakili oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang diwakili oleh Kepala BNPT Suhardi Alius. Nota Kesepahaman ini terkait kerja sama pengamanan di bidang energi dan sumber daya mineral dalam rangka penanggulangan terorisme.

Kepala BNPT Suhardi Alius mengatakan masalah keamanan khususnya di dalam negeri tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi membutuhkan dukungan komponen bangsa. ”Pak Jonan ini sudah getol mengamankan dan mempertahankan aset negara sejak beliau menjadi Direktur PT Kereta Api Indonesia (KAI),” kata Suhardi di acara MoU di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (13/03).

Sesuai amanat UUD 1945, khususnya pasal 33 menyebutkan bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat baik di masa kini maupun di masa mendatang, tanpa ada batasan waktu. 

Suhardi berharap pengelolaan sumber daya energi dan mineral di Indonesia harus mewujudkan apa yang diamanatkan oleh UUD 1945 tersebut. "Kita bisa lihat negara Syria, ladang minyak dikuasai untuk pendanaan terorisme, begitu pula dengan Nigeria dan Sudan yang porak-poranda oleh karena perebutan sumber energi. Berkaca dari fakta tersebut, Indonesia yang kaya akan sumber daya alam dan masih banyak masyarakat yang hidupnya belum sejahtera dapat menjadi faktor yang memunculkan konflik,” tutur Suhardi.

Penandatanganan MoU ini adalah salah satu langkah untuk menjalin kerja sama dan sinergitas guna melaksanakan kebijakan pengamanan di bidang energi dan sumber daya mineral dalam penanggulangan terorisme. 

“MoU yang kita gelar hari ini sebagai salah satu tindakan preventif, karena implikasi dan efek domino kerusakan di sektor energi, khususnya listrik dan bahan bakar sangat luar biasa. Yang berbahaya adalah obyek vital nasional (obvitnas) yang menguasai hajat hidup orang banyak, dari sisi pengamanan dan teknologinya masih minim, ini merupakan prioritas untuk kita,” tegas Menteri ESDM. RH
Kementerian ESDM Gandeng BNPT Amankan Obyek Vital Energi dari Ancaman Terorisme Kementerian ESDM Gandeng BNPT Amankan Obyek Vital Energi dari Ancaman Terorisme Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Maret 14, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.