Temui Wapres, Chevron Bahas Blok Rokan

Jakarta, OG Indonesia -- Pihak Chevron yang dipimpin oleh Presiden Eksplorasi dan Produksi Chevron Asia Pasific Steve W. Green menemui Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (08/03). Perpanjangan kontrak di Blok Rokan jadi salah satu pembahasan.

Dikatakan oleh Senior Vice President Chevron Indonesia Yanto Sianipar, kedatangan Steve W. Green ke Indonesia dan bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menjelaskan perkembangan bisnis Chevron di Indonesia. Di mana Chevron ingin menunjukkan kepada pemerintah Indonesia bahwa perusahaan tersebut sudah 90 tahun lebih beroperasi di Indonesia dan ingin meneruskan kerja sama dengan pemerintah.

"Chevron ingin tetap bekerja sama dengan pemerintah untuk menghasilkan energi yang aman, handal dan efisien untuk kepentingan pertumbuhan ekonomi di Indonesia," kata Yanto seperti dikutip dari liputan6.com.

Ketika ditanya lebih lanjut oleh wartawan, Yanto tak menampik jika dalam pertemuan tersebut, Steve dan JK juga membahas soal perpanjangan kontrak bagi hasil produksi atau Production Sharing Contract (PSC) Wilayah Kerja (WK) Rokan, Riau.

Seperti diketahui, Chevron telah mengelola WK Rokan sejak 1971. Blok migas dengan luas wilayah 6.264 kilometer persegi tersebut menyumbang lifting minyak sebesar 256,4 ribu barel per hari (bph), atau 31,3 persen dari total lifting nasional yang sebesar 817,9 ribu bph per semester I 2016. Pada tahun 2017 ini, Chevron menargetkan lifting minyak dari Blok Rokan sebesar 228,91 ribu bph atau menurun sekitar 8,79 persen.

"Apa yang kami sampaikan adalah kami sedang terus beroperasi sebaik-baiknya dalam masa kontrak sekarang. Kami sudah menunjukkan komitmen dengan baik untuk kontrak, yang sekarang untuk Rokan. Jadi kami sudah terus berusaha untuk memenuhi harapan pemerintah dalam kontrak Rokan sekarang ini. itu yang kita sampaikan pada Pak Jusuf Kalla," papar Yanto.

Disampaikan Yanto, Wapres menghargai usaha Chevron untuk terus meningkatkan produksi dan mengurangi biaya operasi di Indonesia termasuk kerja sama yang dijalani. Wapres pun berharap dapat melihat komitmen Chevron dalam menyediakan energi yang efisien dan handal untuk Indonesia.

"Tidak ada yang khusus. menghargai karena kita bekerjasama dengan baik selama ini, itu kemitraan yang selalu dijaga, begitu. Itu saja," pungkas Yanto.  
Temui Wapres, Chevron Bahas Blok Rokan Temui Wapres, Chevron Bahas Blok Rokan Reviewed by OG Indonesia on 09.51 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.