PLN Ikut Andil Membesarkan UKM Simpay Wargi Jawa Barat

PLN Berdayakan UKM Jawa Barat
Foto : Edi
Sumedang, OG Indonesia-- Sebagai wujud komitmen PLN Distribusi Jawa Barat dalam pertumbuhan ekonomi khususnya pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM), PLN menyalurkan dana bantuan modal kerja berupa pinjaman modal kepada pelaku industri dan UKM yang tersebar di seluruh wilayah kerja PLN Wilayah Jawa Barat. 



Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Nasri Sebayang mengatakan, bahwa pihaknya menyalurkan dana bantuan modal kerja kepada industri kerajinan atau UKM Simpay Wargi yang berlokasi di Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang.

"Ini wujud komitmen PLN Distribusi Jawa Barat dalam pertumbuhan ekonomi khususnya pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM)," ucap Nasri, di sela sela acara media visit PLTA Jatigede, Sumedang, Kamis (6/4/2017).

Program Kemitraan PLN Distribusi Jawa Barat telah mengumpulkan sebanyak 103 usaha di daerah Jawa Barat. Salah satu mitra binaan PLN Distribusi Jawa Barat yang sampai saat ini masih terus berkiprah di industri kerajinan UKM adalah UKM SIMPAY WARGI yang berlokasi di Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang.

UKM SIMPAY WARGI sudah menjadi Mitra Binaan PLN Distribusi Jawa Barat sejak Tahun 2009 dengan menerima dana bantuan modal kerja sebesar Rp. 30.000.000,- . 

UKM SIMPAY WARGI berkembang dari kreativitas Ibu Apong selaku Ketua Simpay Wargi untuk memanfaatkan potensi bambu yang tumbuh subur di wilayah Sumedang. Di Kab. Sumedang sendiri bambu baru dimanfaatkan secara terbatas, yaitu sebagai dasar komponen bangunan bahkan hanya untuk kayu bakar.  

PLN Berdayakan UKM Jawa Barat
Foto : Edi

Hal tersebut menjadikan komoditas ini dinilai sangat rendah dan hanya mampu menyerap tenaga kerja sangat terbatas. Namun dengan kreatifitas seni dan dan teknologi, bambu dapat disulap menjadi komoditas yang bernilai tinggi dan mampu memberikan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Hasil kerajinan UKM SIMPAY WARGI antara Kirey / Wide Bambu, aneka kerajinan dari bambu seperti bangku, hiasan dan tempat minum serta aneka khas makanan sunda seperti Kripik Singkong, Opak, dan Raginang. Produk dari UKM Simpay Wargi tidak hanya dijual di dalam negeri tetapi mulai diekspor ke luar negeri.ET
PLN Ikut Andil Membesarkan UKM Simpay Wargi Jawa Barat PLN Ikut Andil Membesarkan UKM Simpay Wargi Jawa Barat Reviewed by OG Indonesia on Jumat, April 07, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.