Lapangan BD Mulai Lakukan Uji Coba Produksi

Foto: SKK Migas
Jakarta, OG Indonesia -- Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) mulai melakukan kegiatan start up Lapangan BD, Sabtu (06/05) pekan lalu. Kegiatan commisioning atau start up ini diperkirakan akan memakan waktu 1 hingga 2 minggu.

Setelah melewati masa start up, produksi awal lapangan BD akan disalurkan ke PGN sebesar 30 MMSCFD untuk memperkuat ketersediaan energi nasional. Proses start up ini dijalankan untuk melihat kesiapan keseluruhan fasilitas yang sudah terpasang.

Lapangan BD merupakan bagian dari Blok Husky Madura Strait, terletak di lepas pantai Selat Madura, Jawa Timur, 65 kilometer sebelah timur Surabaya dan 16 kilometer sebelah selatan Pulau Madura.

Sumur-sumur gas Madura-BD sendiri berada di sekitar areal Kepulauan Mandangin, lepas pantai Selat Madura. Lapangan tersebut merupakan lapangan lama dan diharapkan akan menghasilkan 442 BCF (Billion Cubic Feet) gas bumi dan 18,7 MMBL kondesat selama 13 tahun.

Anjungan lepas pantai (offshore platform) Lapangan BD difabrikasi oleh PT PAL yang berpusat di Surabaya. Anjungan lepas pantai itu telah terpasang di kedalaman laut 55 meter.

Penggunaan anjungan lepas pantai produksi PT PAL merupakan wujud komitmen HCML dalam mendukung usaha SKK Migas untuk terus meningkatkan persentase TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dan mendukung perkuatan industri nasional dalam kegiatan operasinya. RH
Lapangan BD Mulai Lakukan Uji Coba Produksi Lapangan BD Mulai Lakukan Uji Coba Produksi Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Mei 09, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.