MVPP Onur Sultan Tingkatkan Pasokan Listrik Sumbagut 240 MW

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar
dalam kunjungan ke MVPP Onur Sultan.
Foto: esdm.go.id
Medan, OG Indonesia -- Kapal Pembangkit Listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan telah tiba di Pelabuhan Belawan Medan, pada 21 Mei 2017 yang lalu. Kapal Pembangkit Listrik dengan kapasitas 240 Megawatt (MW) ini merupakan solusi jangka pendek dalam penyelesaian kekurangan pasokan tenaga listrik di beberapa wilayah Indonesia, salah satunya di Sumatera Utara.

"Listrik di Sumatera Utara sebelumnya beban puncaknya dibandingkan dengan daya terpasang mungkin ada kurangnya, dengan adanya kapal ini, pasokan bertambah menjadi sekitar 240 MW sehingga apa yang diharapkan masyarakat Sumatera Utara ke depannya yang katanya dulunya listriknya sering mati semoga ke depannya bisa lebih tidak seperti itu," kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar pada kunjungan kerjanya ke PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Belawan Sumatera Utara, Senin (19/06).

Dengan beroperasinya kapal ini, Arcandra menambahkan, maka daya sistem Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) akan meningkat menjadi 2.237 MW dengan perkiraan beban puncak tertinggi yang mencapai 2.075 MW. "Saat ini sistem Sumbagut memiliki cadangan daya sekitar 212 MW (9%) atau cadangan meningkat sebesar 4%. Akan ada kelebihan daya dari beban puncak yang ada," ucap Arcandra.

"Pemerintah sangat mendukung program-program yang bisa dengan cepat mengatasi kekurangan daya sehingga narasi ke masyarakat bahwa pemerintah mengkampanyekan energi berkeadilan yang adil untuk rakyat sehingga ini adalah sebuah solusi yang sangat kita dukung tetapi ke depannya kita harap ada solusi yang lebih permanen," lanjutnya.

Kapal Pembangkit Listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan merupakan kapal pembangkit kedua yang disewa pemerintah untuk menutupi kekurangan pasokan listrik setelah kapal pembangkit Marine Vessel Power Plant (MVPP) Zeynep Sultan yang membantu kebutuhan sistem kelistrikan Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo). RH 
MVPP Onur Sultan Tingkatkan Pasokan Listrik Sumbagut 240 MW MVPP Onur Sultan Tingkatkan Pasokan Listrik Sumbagut 240 MW Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Juni 20, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.