Tambang Emas Martabe Gelar Gema Ramadhan 2017

Foto: Agincourt Resources
Tapanuli Selatan, OG Indonesia -- Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah, PT Agincourt Resources, sebagai pengelola Tambang Emas Martabe menggelar acara Gema Ramadhan 2017 yang meliputi kegiatan keagamaan keislaman yang bersifat edukatif bagi para remaja serta masyarakat di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Gema Ramadhan 2017 ini dilaksanakan dengan melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Batangtoru dan Lembaga Konsultasi Masyarakat Martabe (LKMM) serta tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Rangkaian acara Gema Ramadhan 2017 yang kegiatannya dipusatkan di Kantor Kecamatan Batangtoru dimulai dari tanggal 5 Juni 2017 dan direncanakan berakhir pada 17 Juni 2017. Kegiatan Gema Ramadhan 2017 ini diawali dengan Madrasah Ramadhan atau pesantren kilat bagi remaja yang berlangsung selama empat hari di mana para remaja mendapatkan pelatihan cara melaksanakan fardhu kifayah atau pelatihan mengurus jenazah menurut tata cara Islam serta pelatihan memberikan Khotbah Jumat.

Para peserta pelatihan berasal dari sekitar 15 desa lingkar tambang dengan jumlah total 110 peserta. Sementara para pemberi pelatihan adalah Ketua MUI Batangtoru dan Muarabatangtoru serta para ustadz setempat. Selain Madrasah Ramadhan, kegiatan lainnya yang diselenggarakan adalah Lomba MTQ tingkat remaja, Lomba Hafalan Alquran tingkat anak-anak dan remaja, Lomba Pidato Dai Chilik, serta Lomba Adzan.

Para peserta yang terlibat langsung dalam kegiatan ini diperkirakan mencapai 369 peserta dan pelatih yang terdiri dari remaja putra dan putri dari 32 desa di dua kecamatan. Rencananya puncak kegiatan ini adalah pada 17 Juni 2017 yang ditandai dengan pemberian hadiah serta penghargaan bagi para pemenang lomba.

Manajer Senior Hubungan dan Pengembangan Masyarakat PT Agincourt Resources, Pramana Triwahjudi menyatakan program Gema Ramadhan 2017 ini digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang bersifat edukatif. Selain itu menurut Pramana, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para remaja serta masyarakat dalam mempraktekkan ajaran islam.

"Di samping tentunya untuk mengeratkan hubungan antara PT Agincourt Resources selaku operator Tambang Emas Martabe dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat, pemuka agama dan juga Muspika," kata Pramana.

Sementara itu Ketua MUI Batangtoru, Bachtiar Siregar mengucapkan banyak terima kasih dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Agincourt Resources karena sudah membantu terselenggaranya kegiatan ini di mana merupakan salah satu program dari pada MUI. “Khususnya dalam hal membina generasi muda dalam peningkatan kualitas keislaman,” kata Bachtiar.

Senada dengan Ketua MUI, Camat Batangtoru Yamin Batubara juga mengapresiasi dukungan PT Agincourt Resources untuk program Gema Ramadhan 2017 ini sebagai bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru. Yamin  berharap PT Agincourt Resources terus berkomitmen untuk memberikan perhatian kepada masyarakat di Batangtoru.

Bagi Tambang Emas Martabe kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka meningkatkan hubungan dengan masyarakat lokal melalui serangkaian kegiatan keagamaan. Beberapa waktu sebelumnya digelar konser  music religi yang menampilkan artis Opick sebagai puncak dari rangkaian acara lomba musik religi. RH
Tambang Emas Martabe Gelar Gema Ramadhan 2017 Tambang Emas Martabe Gelar Gema Ramadhan 2017 Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Juni 14, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.