Peringatan 17 Agustus, Petugas PLN Siaga Amankan Listrik Jakarta

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- PT PLN Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) pada peringatan hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia telah meresmikan Command Center di kantor pusat PLN Disjaya, Gambir, Jakarta Pusat. Selama rangkaian peringatan HUT RI saat ini, Command Center merupakan salah satu upaya PLN Disjaya dalam mengamankan pasokan dan keandalan Iistrik, terutama di titik-titik krusial seremoni kenegaraan.

Ada tiga titik peringatan HUT RI di Jakarta yaitu Gedung DPR/MPR RI, Taman Makam Pahlawan Kalibata, dan Istana Negara Repubtik Indonesia. Selain itu, PLN Disjaya juga mengamankan pasokan listrik di 69 titik lainnya, seperti markas besar TNI/POLRI, kantor kementerian, kantor walikota, kantor media, serta rumah sakit.

Dikatakan oleh M. Ikhsan Asaad, General Manager PLN Disjaya, dalam rangka mengamankan pasokan dan keandalan listrik ini, PLN Disjaya juga telah melaksanakan beberapa kegiatan lainnya, seperti:

1. Pengecekan seluruh peralatan, termasuk pemeliharaan dan penggantian aset yang telah tidak Iayak untuk menjaga keandalan listrik.

2. Pembuatan sistem cadangan pasokan listrik di titik-titik utama, termasuk penggunaan unit Uninterruptible Power Supply (UPS).

3. Gelar pasukan kesiapan peringatan Dirgahayu ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia yang telah dilaksanakan di Lapangan Banteng pada hari Jumat, 11 Agustus 2017.

4. Simulasi gangguan di tiga titik utama yang bekerja sama dengan panitia Peringatan Dirgahayu ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pasukan Pengamanan Presiden, dan Badan lntelijen Negara. Adapun Simulasi gangguan tersebut telah dilaksanakan pada:
a. lstana Negara: Sabtu, 12 Agustus 2017
b. Gedung MPR/DPR RI: Senin, 14 Agustus 2017
c. Taman Makam Pahlawan Kalibata: Selasa, 15 Agustus 2017

5. Penerbitan Prosedur Tetap Pengamanan Penyaluran Tenaga Listrik dalam rangka Pidato Kenegaraan Presiden di Gedung DPR/MPR RI, Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, serta Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera dalam rangka HUT ke-72 RI. Prosedur Tetap ini menjadi pedoman petugas dalam mengamankan pasokan tenaga listrik pada saat petugas PLN melakukan piket.

6. Menyiagakan unit-unit pendukung yang diperlukan, seperti;
a. Unit Gardu Bergerak (UGB) : 18 unit
b. Unit Trafo Bergerak (UTB) : 14 unit
c. Unit Kabel Bergerak (UKB) : 5 unit
d. Generator : 16 unit
e. HIAB Truck Crane : 4 unit
f. Unit Deteksi 2 8 unit

Adapun perkiraan beban puncak tanggal 17 Agustus 2017 adalah 3.130 MW pada siang hari dan 3.417 MW pada malam hari. Perkiraan beban puncak pada tanggal 17 Agustus tersebut masih lebih rendah daripada beban puncak pada bulan Agustus keseluruhan, yaitu 4.613 MW pada siang hari dan 4.250 MW pada malam hari. 

Perkiraan beban puncak pada tanggal 17 Agustus 2017 yang berada di bawah beban normal pada hari biasa menunjukkan bahwa pasokan daya ke wilayah DKI Jakarta Raya dari Sistem Jawa Bali dalam kondisi aman.

"Petugas kami tetap siap melayani dan melaksanakan tugas pada peringatan Kemerdekaan RI ke-72 ini dengan diberlakukannya piket siaga dan penguatan khusus yang mulai dilaksanakan tanggal 16-18 Agustus 2017," ucap Ikhsan. 

Selama periode tersebut, PLN Disjaya juga tidak merencanakan pemadaman aliran Iistrik untuk kepentingan pembangunan jaringan, rehabilitasi, dan/atau pemeliharaan jaringan tenaga listrik. Selain itu, pengendalian dan monitoring jaringan Iistrik juga dilakukan secara real time dengan menggunakan peralatan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) yang merupakan pusat kontrol jaringan distribusi untuk memastikan kelangsungan pasokan listrik ke pelanggan.

"Namun, listrik padam bisa saja terjadi dalam keadaan yang tidak terencana seperti bila terjadi gangguan pada sistem jaringan tenaga listrik, kejadian yang tidak terprediksi sebelumnya atau bencana alam (force majeure)," jelasnya.

Mengantisipasi percepatan pemulihan terhadap kemungkinan terjadinya gangguan jaringan, PLN Disjaya melakukan siaga penuh pada setiap Posko Pelayanan Teknik di 16 Kantor Area PLN dan Command Center selama 24 jam sehari 7 hari seminggu. Posko-posko tersebut dapat dihubungi melalui Contact Center PLN 123 melalui telepon (021) 123, email pln123@pln.co.id, Facebook PLN 123, dan Twitter @pln_123. RH
Peringatan 17 Agustus, Petugas PLN Siaga Amankan Listrik Jakarta Peringatan 17 Agustus, Petugas PLN Siaga Amankan Listrik Jakarta Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Agustus 17, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.