Pertagas Genjot Penyelesaian Pipa Gas Gresik-Semarang

Foto: pertamina.com
Jakarta, OG Indonesia -- Demi menjamin ketersediaan energi di pulau Jawa, PT Pertamina Gas (Pertagas) menggenjot penyelesaian proyek pembangunan pipa gas open access ruas Gresik – Semarang.

Pipa dengan diameter 28 inchi sepanjang 267 Km dari Tambak Lorok, Semarang Jawa Tengah hingga Gresik, Jawa Timur ini ditargetkan selesai pembangunannya pada pertengahan 2018. Pipa yang dibangun sejak tahun 2015 tersebut saat ini progres konstruksinya telah mencapai 84% dengan estimasi total nilai investasi sebesar USD 250 juta.

Pipa gas Gresik-Semarang nantinya akan menyalurkan gas dari Lapangan Jambaran Tiung Biru (JTB) milik PT Pertamina EP Cepu ke PLN Gresik dengan volume sebesar 100 MMSCFD. Pengaliran tersebut akan dimulai pada tahun 2020 sesuai Head of Agreement (HOA) yang telah ditandatangani oleh PT Pertamina (Persero) dengan PLN pada Selasa (08/08) di Kantor Kementerian ESDM.

“Pertagas pastikan pembangunan pipa gas Gresik-Semarang akan selesai sebelum Lapangan JTB onstream,” ungkap President Director Pertagas, Suko Hartono.

Lebih lanjut lagi Suko menjelaskan bahwa ke depannya pipa gas Gresik-Semarang tidak hanya akan menyalurkan gas untuk kebutuhan pembangkit listrik PLN, tetapi juga untuk industri pupuk dan industri lainnya. 

"Pipa ini akan jadi infrastruktur gas utama di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang nantinya akan terkoneksi dengan jaringan pipa distribusi Pertagas,” jelas Suko.  

Pada tahun 2018 Pertagas akan segera membangun pipa gas distribusi untuk kebutuhan industri di kedua provinsi tersebut dengan estimasi investasi sebesar USS 2,8 juta untuk penyaluran gas sebesar 40 MMSCFD.

Masih menurut Suko, Pertagas akan memastikan ketersediaan energi yang merata untuk berbagai wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. "Hal ini diharapkan dapat mendukung peningkatan perekonomian sekaligus meningkatkan daya saing industri di kedua wilayah tersebut," tutupnya. RH
Pertagas Genjot Penyelesaian Pipa Gas Gresik-Semarang Pertagas Genjot Penyelesaian Pipa Gas Gresik-Semarang Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Agustus 11, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.