Penghematan PLN dari Inovasi LIKE 2017 Capai Rp 1,4 Triliun

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Jelang Hari Listrik Nasional ke-72 pada 27 Oktober 2017 nanti, PLN kembali menggelar LIKE (Learning, Innovation, Knowledge & Exhibition). Acara tahunan yang berlangsung pada 17-19 Oktober 2017 ini meliputi Seleksi Penghargaan Karya Inovasi Pegawai, Knowledge Sharing, Innovator Talkshow, Festival Budaya dan PLN Expo.

LIKE PLN merupakan transformasi dari KNIFE (Knowledge, Norm, Innovation, Festival and Exhibition) yang telah dilaksanakan sejak 2009. LIKE diharapkan dapat membentuk budaya pengelolaan pengetahuan yang menghasilkan produk-produk inovasi yang diimplementasikan di lingkungan perusahaan.

“Melalui LIKE PLN, manajemen ingin mendorong dan merangsang para pegawai untuk terus melakukan inovasi dalam bekerja serta mampu menerapkan inovasi dalam membantu penyelesaian pekerjaan di unit-unit PLN,” ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat, I Made Suprateka di Jakarta, Selasa (17/10).

Pada LIKE 2017, ada 357 karya inovasi pegawai PLN dan Anak Perusahaan yang terbagi menjadi lima kategori, yaitu Pembangkitan, Transmisi dan Distribusi, Technical Support, Non-Technical Support Aplikasi dan Non-Technical Support Manajemen. Besar penghematan dari karya-karya ini mencapai Rp 1.348.930.000.000. "Tahun lalu, kami menghemat hingga Rp 5 triliun," sambung General Manager PLN Pusat Pengatur Beban Jawa-Bali Evy Haryadi.

Sebanyak 50 karya di antaranya akan memasuki tahap seleksi final di ajang LIKE 2017. Seleksi Penghargaan Karya Inovasi (SPKI) berfungsi sebagai sarana manajemen memotivasi para pegawai secara terus menerus untuk dapat lebih berperan dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya. SPKI ini selalu mengalami peningkatan pada setiap tahunnya, sampai dengan tahun 2017 jumlah karya inovasi yang dihasilkan sebanyak 3.263 karya inovasi dari seluruh unit PLN di Indonesia.

“PLN akan terus berinovasi dan menanamkan budaya pembelajar kepada para pegawainya. Namun kami juga ingin berbagi pengetahuan dengan masyarakat. Oleh karena itu, karya-karya inovasi pegawai akan dipamerkan dalam PLN Expo pada 18 sampai 19 Oktober 2017 di Plaza Terbuka PLN Kantor Pusat,” tambah Made.

Pada kesempatan ini, PLN juga akan meluncurkan jurnal Energi Kelistrikan yang berisi makalah ilmiah mengenai teknologi dan pengelolaan energi kelistrikan dari seluruh Indonesia dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Penerbitan jurnal energi kelistrikan ini bertujuan sebagai wadah publikasi dan diseminasi penelitian ilmiah yang berkaitan dengan energi kelistrikan serta untuk mengelola pengetahuan di bidang kelistrikan yang tersebar di seluruh Indonesia. RH
Penghematan PLN dari Inovasi LIKE 2017 Capai Rp 1,4 Triliun Penghematan PLN dari Inovasi LIKE 2017 Capai Rp 1,4 Triliun Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Oktober 17, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.