Pertamina Hulu Sanga-Sanga Operator Baru Blok Sanga-Sanga

Kutai Kartanegara, OG Indonesia -- Pemerintah melalui SKK Migas menyerahkan pengelolaan wilayah kerja (WK) Migas Sanga-Sanga kepada operator baru yaitu Pertamina Hulu Sanga-Sanga (PHSS), anak usaha PT Pertamina (Persero) pada hari Selasa, (07/08) di Lapangan Badak, Kalimantan Timur.

Wilayah Kerja Sanga-Sanga sebelumnya dikelola oleh Kontaktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Virginia Indonesia Co. (VICO), perusahan minyak asal Amerika Serikat. Penyerahan pengelolaan WK dilaksanakan setelah kontrak operator VICO berdasarkan production sharing contract WK Sanga-Sanga berakhir pada 7 Agustus 2018.

Penyerahan WK Sanga-Sanga ke PHSS akan diikuti oleh proses penyelesaian hak dan kewajiban, terutama terkait kesepakatan clean and clear setlement keuangan, pajak, over under lifting, inventory dan capital asset.

Penyerahan WK Sanga-Sanga secara simbolis dilakukan oleh Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi kepada Direktur Utama Pertamina Hulu Indonesia, Bambang Manumayoso, disaksikan Direktur PHSS, Andi Wisnu dan CEO VICO, Tumbur Parlindungan.

Dalam sambutannya Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi mengatakan bahwa sebelum WK Sanga-Sanga berakhir, VICO telah menyelesaikan seluruh komitmen finansial mulai dari signature bonus, production bonus, sampai dengan pencadangan dana abandonment and site restoration.

Untuk menjaga kontinuitas operasional WK Sanga-Sanga pasca 7 Agustus 2018, SKK Migas, PHSS, dan VICO telah melakukan finalisasi untuk mirroring kontrak pengadaan yang ada di WK Sanga-Sanga.

Wilayah kerja Sanga-Sanga memiliki tujuh lapangan yaitu Badak, Beras, Lampake, Nilam, Mutiara, Pamaguan, dan Semberah. Data pada akhir Juli 2018 produksi minyak dan kondesat WK Sanga-Sanga adalah 10.753 barel minyak per hari (bopd) dan gas 80,7 juta kaki kubik per hari (MMscfd).

"Keberhasilan alih kelola WK Sanga-Sanga akan menjadi pembuktian Pertamina sebagai sebuah perusahaan migas kelas dunia. Seluruh komponen anak bangsa patut mendukung untuk mewujudkan tujuan ini", ucap Amien. RH

Pertamina Hulu Sanga-Sanga Operator Baru Blok Sanga-Sanga Pertamina Hulu Sanga-Sanga Operator Baru Blok Sanga-Sanga Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Agustus 08, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.