Cirebon Power Sabet Dua Penghargaan Top CSR Award

Jakarta, OG Indonesia -- Cirebon Power, meraih 2 penghargaan TOP CSR 2018, atas keberhasilan programnya di bidang corporate social responsibility (CSR). Dua penghargaan itu diperoleh dari Top CSR 2018. Salah satu program kemasyarakatan Cirebon Power yaitu Rumah Terasi, mendapat apresiasi TOP CSR untuk kategori Program Peningkatan Pendapatan. Sedangkan Presiden Direktur Cirebon Power Heru Dewanto, juga menjadi pemenang dalam kategori TOP Leader on CSR Commitment, atau pemimpin dengan komitmen terbaik untuk CSR.

Presiden Direktur Cirebon Power Heru Dewanto mengatakan, Rumah Terasi Cirebon sebagai upaya mendukung pengembangan UMKM di Cirebon, yang salah satunya terkenal sebagai penghasil terasi di Indonesia. Program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini dimulai sejak 2014, dengan melibatkan warga di sekitar pembangkit, dan menggandeng akademisi Cirebon.

“Saat ini, pelaku usahanya sudah bisa mandiri dalam berusaha. Ke depan, kita akan kembangkan lagi dengan menggandeng lembaga keuangan micro finance yang sudah terafiliasi, agar lebih banyak warga yang merasakan manfaat," kata Heru Dewanto di sela acara. 

Untuk membantu pemasaran, terasi organik hasil produksi Rumah Terasi juga dipasarkan secara online di berbagai situs belanja. Rumah Terasi juga aktif mengikuti berbagai pameran industri lokal, baik di Cirebon maupun tingkat nasional. 

“Kita berharap program CSR dapat memberikan efek ekonomi kepada masyarakat Cirebon. Dengan adanya rumah terasi, para ibu di Cirebon mendaatkan tambahan penghasilan yang layak. Selain itu, kita juga punya binaan pengrajin batik. Jadi, karyawan atau kontraktor bisa menggunakan batik dari pengrajin lokal yang kita bina,” katanya.

Heru Dewanto yang juga mendapatkan penghargaan TOP Leader on CSR Commitment 2018 mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan bekerjasama dalam mensukseskan program-program kemasyarakatan Cirebon Power. 

Ajang penghargaan Top CSR 2018 merupakan inisiasi dari Majalah Business News Indonesia bekerjasama dengan  KNKG (Komite Nasional Kebijakan Governance) dan CSR Society Indonesia.  Dalam ajang yang dilaksanakan di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (04/10) ini, sejumlah BUMN dan perusahaan nasional turut menerima penghargaan, di antaranya PT Pertamina, PT Inalum, PT Freeport Indonesia, MNC Group, Bank Muammalat, KIDECO, PT Pembangkit Jawa-Bali, dan PT Pupuk Indonesia.

Menurut Heru, saat ini Cirebon Power juga memiliki beberapa program CSR unggulan. Salah satunya adalah Pusat Pendidikan Vokasi Ketenagalistrikan yang telah dimulai belum lama ini. Program itu kini diikuti oleh 20 siswa lulusan SMK terbaik di Cirebon. Mereka akan mengikuti pelatihan selama 6 bulan, termasuk on job training. Ia berharap program ini akan mencetak  tenaga-tenaga terampil di bidang ketenagalistrikan, yang siap kerja di industri pembangkit listrik. 

“Kita melatih dan mendidik mereka dengan ilmu dan keahlian yang sangat spesifik dan langka, yaitu operasional dan pemeliharaan pembangkit berteknologi batubara bersih. Dengan modal itu, mereka akan siap kerja, hingga nantinya Cirebon akan terkenal sebagail penghasil SDM ketenagalistrikan di Indonesia,” pungkas Heru.

Di bidang lain, Cirebon Power juga menjalankan program penanaman mangrove bekerjasama dengan warga, pemerintah desa, serta pemerhati lingkungan. Perusahaan telah menanam lebih dari 70.000 mangrove di sepanjang pesisir Cirebon. 

“Sebelumnya, bulan lalu Pusat Vokasi Ketenagalistrikan, Penanaman Mangrove dan Rumah Terasi juga telah mendapatkan penghargaan di Indonesia Sustainability Development Award (ISDA) 2018,” ujar Heru menutup penjelasannya. 

Cirebon Power merupakan pembangkit listrik swasta atau independent power producer (IPP)  pelopor pembangkit batu bara bersih di Indonesia, yang beroperasi di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Konsorsium ini telah mengoperasikan PLTU  berkapasitas 660 MW dengan teknologi super critical sejak tahun 2012, dan tengah membangun pembangkit kedua sebesar 1.000 MW dengan menerapkan teknologi ultra super critical. 
Cirebon Power Sabet Dua Penghargaan Top CSR Award Cirebon Power Sabet Dua Penghargaan Top CSR Award Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Oktober 05, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.