Kembangkan Keilmuan Berbasis Penelitian, Universitas Pertamina Perkuat Sarana dan Prasarana

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi secara progresif di masyarakat menuntut perguruan tinggi untuk beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan dalam menghasilkan karya-karya yang kreatif, inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Termasuk Universitas Pertamina yang memperkuat sarana dan prasarana untuk penelitian di kampusnya.

Salah satu sarana penunjang pembelajaran yang dibutuhkan dalam mengembangkan keilmuan adalah melalui laboratorium, yang memfasilitasi mahasiswa dan dosen dalam melakukan penelitian dan menghasilkan penemuan baru sesuai dengan bidang keilmuan di masing-masing program studi. Laboratorium juga dapat digunakan sebagai sarana pengabdian kepada masyarakat yang berperan sebagai wahana pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi agar masyarakat dapat memanfaatkan produk-produk dari hasil penelitian.

Dalam kegiatan Indonesia International Education & Training Expo (IIETE) 2019 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), pada tanggal 14 sampai dengan 17 Februari 2019, Universitas Pertamina menampilkan sejumlah peralatan praktikum yang digunakan dalam pembelajaran sehari-hari.

Beberapa di antaranya adalah: Drilling Mud Tool Box untuk Program Studi Teknik Perminyakan; Ground Penetrating Radar (GPR) untuk Program Studi Teknik Geofisika; sampel batuan dan fosil serta Mikroskop Geologi untuk Program Studi Teknik Geologi; Spektrofotometer untuk Program Studi Kimia; Turbidity Meter dan Jar Test untuk Program Studi Teknik Lingkungan; Distilasi dan Soxhlet untuk Program Studi Teknik Kimia; Suspended Beam Apparatus untuk Program Studi Teknik Mesin; Kamera dan Teleprompter untuk Program Studi Komunikasi; dan peralatan lain dari program studi lainnya.

Saat ini terdapat 15 program studi di Universitas Pertamina, yakni: Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Geofisika, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Logistik, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Ilmu Komputer, Kimia, Hubungan Internasional, Komunikasi, Manajemen dan Ekonomi, yang kesemuanya telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran. 

Rektor Universitas Pertamina, Akhmaloka menyampaikan bahwa penggunaan sarana dan prasarana tersebut diharapkan dapat membantu proses pengembangan keilmuan berbasis penelitian di Universitas Pertamina. “Sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran yang salah satunya adalah laboratorium, digunakan untuk memaksimalkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi," ucapnya.

Ia menambahkan, selain membekali dengan sarana dan prasarana guna menunjang kegiatan akademik, Universitas Pertamina juga memberikan kesempatan magang di universitas mitra luar negeri terbaik kepada mahasiswa untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan global di masa mendatang. Hingga akhir tahun 2018, Universitas Pertamina telah menjalin kerjasama dengan 25 universitas mitra di kawasan Asia, Australia, Eropa, dan Amerika. RH
Kembangkan Keilmuan Berbasis Penelitian, Universitas Pertamina Perkuat Sarana dan Prasarana Kembangkan Keilmuan Berbasis Penelitian, Universitas Pertamina Perkuat Sarana dan Prasarana Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Februari 14, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.