Kamis, 18 Juli 2019

Pertamina EP Siap Tajak Enam Sumur di Kalimantan

Balikpapan, OG Indonesia -- PT Pertamina EP kian agresif melakukan kegiatan pengeboran. Seperti di wilayah Kalimantan, Pertamina EP mulai mengebor 6 sumur baru.


Dalam syukuran tajak sumur pengeboran di ruang Ballroom Asset 5, Balikpapan, Rabu (17/07), Asset 5 General Manager Irwan Zuhri membeberkan sumur-sumur yang mulai ditajak tersebut antara lain B-1813 dan B-1801 (Bunyu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara), STE-13 dan SBR-C8 (Sangatta, Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur), serta LSE-P1904 dan SBJ-P19 (Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur). 

“Sumur-sumur tersebut akan ditajak di bulan Juli dan Agustus, dan diprediksi dapat diproduksikan satu bulan kemudian. Potensi penambahan produksi untuk PEP Asset 5 sebesar kurang lebih 1.523 barrel oil per day (BOPD),” ujarnya.

Lebih lanjut Irwan Zuhri menambahkan dengan adanya upaya pengeboran ini dapat memberikan hasil maksimal untuk meningkatkan produksi Pertamina EP. "Di bawah tanah tidak ada yang bisa memprediksi. Namun, melalui bekerja, berdoa, dan beramal inshaallah target produksi yang dibebankan negara kepada kami dapat tercapai," ujarnya.

PEP Asset 5 merupakan salah satu unit Pertamina EP (PEP) yang beroperasi di wilayah Kalimantan dan mengawasi operasi lima lapangan. Lima lapangan tersebut antara lain Sangasanga dan Sangatta (Kalimantan Timur), Tarakan dan Bunyu (Kalimantan Utara), serta Tanjung (Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah).

Berdasarkan data akhir Juni 2019, tercatat produksi (YTD) minyak mentah PEP Asset 5 sebesar 17.905 barrel oil per day (BOPD). Sedangkan produksi gas bumi tercatat sebesar 16,57 million standard cubic feet per day (MMSCFD). RH