Rabu, 30 Oktober 2019

Perta Arun Gas, Siapkan Air Baku Untuk PDAM Lhokseumawe

Lhokseumawe, OG Indonesia-- PDAM Ie Beusaree Rata membutuhkan air baku sebanyak 500 liter per detik untuk bisa melayani seluruh masyarakat Kota Lhokseumawe. Namun saat ini yang sudah pasti tersedia air baku hanya 36 liter per detik yang diperoleh dari PT Perta Arun Gas (PAG).

Ini sesuai MoU yang ditanda tangani Presiden Direktur PT PAG Arif Widodo dan Direktur PDAM Ie Beusaree Rata Rizal Efendy di aula Setdako Lhokseumawe, Selasa (29/10/2019).

Dimana dalam MoU, disebutkan bahwa PT PAG akan menyediakan air baku untuk PDAM Ie Beusaree Rata sebesar 36 liter per detik dengan durasi 24 jam tiap harinya.

Sedang sebelum adanya MoU ini, PT PAG hanya memberikan air pada PDAM Ie Beusaree Rata dengan kapasitas 7 liter per detik dan durasinya 8 jam setiap hari.

Direktur PDAM Ie Beusaree Rata Rizal Efendy, menyebutkan, untuk sekarang ini air baku yang diperoleh pihaknya untuk disuplai kepada masyarakat hanya dari PT PAG.

Dengan kapasitas tujuh liter per detik, maka pihaknya hanya mampu melayani 1.800 pelanggan di Kecamatan Muara Satu. "Itu pun suplai air dibagi dalam dua wilayah. Empat jam untuk wilayah timur dan empat jam lagi untuk wilayah barat," katanya.

Sedangkan dengan adanya MoU terbaru itu, Rizal Efendy menargetkan akan mampu mensuplai air untuk 3.600 pelanggan. "Pengembangan jaringan nantinya kita rencanakan akan sampai ke Kecamatan Muara Dua," ujarnya.

Saat ditanya berapa kapasitas air yang dibutuhkan untuk bisa mensuplai air bagi seluruh masyarakat Kota Lhokseumawe, menurutnya membutuhkan air dengan kapasitas 500 liter per detik.

Sedangkan untuk upaya mendapatkan debit air sebesar itu, pihaknya pun kini sedang mengkaji kelayakan air di kawasan Cot Trieng Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe.

"Bila hasil kajian nantinya layak dijadikan bahan baku, maka sangat berpeluang bagi kami untuk bisa mencukupi kebutuhan air bagi seluruh masyarakat Kota Lhokseumawe," pungkasnya.

Untuk diketahui, dengan keterbatasan kesediaan air baku yang dimiliki PDAM Ie Beusaree Rata sekarang ini, maka sebagian besar masyarakat Kota Lhokseumawe ini masih mendapatkan suplai air dari PDAM Tirta Mon Pase Aceh Utara.