Rabu, 13 November 2019

Pentingnya Transformasi FM Industri Hulu Migas di Era Digital

Palembang, OG Indonesia -- Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto hari ini, Rabu (13/11/2019), membuka kegiatan 'Facility Management Forum (FM Forum) 2019' yang bertemakan 'FM Transformation in the Digital Era' bertempat di Hotel Santika Premiere Bandara, Palembang, Sumatera Selatan. Acara yang diselenggarakan SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dihadiri sekitar 400 praktisi FM dari berbagai sektor termasuk dari industri hulu migas.


Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan 30 pembicara terbaik di bidang FM dengan topik terkini tentang bagaimana pengelolaan fasilitas pendukung kegiatan operasi perusahaan bertransformasi di era digital sekarang ini. Baik itu pengelolaan kantor, transportasi, perjalanan bisnis, manajemen proyek sampai dengan pengelolaan sumber daya manusia.

Dwi Soetjipto mengatakan, di tengah perkembangan dunia yang sangat pesat serta kebutuhan atas energi minyak dan gas yang semakin meningkat, maka industri hulu migas perlu melakukan inovasi dalam kegiatan eksplorasi dan produksi migas.

"Penggunaan teknologi menjadi sebuah keharusan di kala kerumitan area operasi dan eksplorasi juga semakin menantang. Industri hulu migas membutuhkan sebuah transformasi tidak hanya di kegiatan inti hulu migas, tetapi juga di kegiatan penunjangnya juga, tidak terkecuali dalam facility management," ucapnya.

Ketua Panitia FM Forum 2019 Eka Tri Yulianto merasa gembira dapat menyelenggarakan FM Forum 2019 yang ke empat kalinya tahun ini. "Ajang ini menjadi tempat berkumpulnya para manager dan eksekutif dari berbagai perusahaan serta wadah berdiskusi para praktisi GA dan FM dalam bekerjasama dan menambah pengetahuan, menemukan solusi-solusi baru, serta menghasilkan dan mempertahankan lingkungan kerja yang sehat serta membahas isu-isu dalam pengelolaan FM," ucapnya.

FM Forum 2019 merupakan konferensi tahunan yang menjadi sarana bagi praktisi GA dan juga FM perusahaan untuk saling bertukar ide dan bersinergi dalam mempelajari praktik-praktik terbaik serta mengembangkan solusi inovatif dalam mengikuti perkembangan dan tantangan FM saat ini. Sejalan dengan FM yang sedang menghadapi transformasi multidimensi, selain transformasi nama sebelumnya dikenal sebagai GA, atau fasilitas kantor, juga bertransformasi model pengelolaan menjadi value-based facility management yang lebih strategis, serta bertransformasi dari cara kerja yang konvensional menjadi digital. 

Melalui FM Forum 2019, peserta mendapatkan informasi terkini seputar perkembangan FM dari stakeholder yang terlibat. Selain sesi-sesi seminar dan konferensi, pada FM Forum 2019 juga terdapat booth pameran dari pendukung acara ini, baik dari KKKS maupun dari penyedia jasa dan barang di sektor facility management. R1