SKK Migas Diminta Perjelas Offtaker Gas Masela


Jakarta, OG Indonesia -- Anggota Komisi VII DPR RI meminta SKK Migas untuk memperjelas perkembangan offtaker atau pembeli gas yang nantinya akan diproduksi oleh Blok Abadi Masela Provinsi Maluku.  Penegasan ini disampaikan oleh Anggota Komisi VII, Saadiah Uluputty dalam rapat yang dilakukan bersama Kepala SKK Migas pada Kamis (16//1/2020) di Kompleks Senayan Jakarta.


Hingga saat ini sebut Saadiah, pemerintah lewat SKK Migas  belum mengumumkan secara terbuka offtaker Gas dari Blok Abadi Masela. Saadiah menandaskan jika kejelasan offtaker ini penting karena kegagalan  penyerapan hasil produksi gas akan berdampak negatif.  

“Jangan sampai ketika lapangan sudah siap berproduksi, pembeli belum siap menyerapnya. Ini akan menghalangi pencapaian target lifting nasional," tegasnya.  

Target produksi atau lifting minyak dan gas bumi disorot oleh anggota legislatif PKS ini karena review atas capaian lifting migas nasional tidak memenuhi target yang telah ditetapkan di APBN.

Saadiah mencontohkan,  laporan kinerja SKK Migas terkhusus lifting Migas nasional pada APBN 2019 ditarget sebesar 775 ribu barel per hari (BOPD). '‘Faktanya, hingga Desember 2019,  hanya mampu tercapai 746 ribu BOPD atau  96,3%,” jelas Saadiah.

Hal serupa juga terjadi pada lifting gas yang ditargetkan 7.000 MMSCFD, hanya mampu tercapai 5.926 MMSCD atau hanya 84,8%. “Jika ditotal, target lifting minyak dan gas bumi hanya tercapai sebesar 90,5 % dari target APBN 2019, sebut anggota DPR dari Dapil Provinsi Maluku ini.

Saadiah menyebut, review atas capaian lifting migas beberapa tahun belakang, trendnya semakin seret. "Produksi migas Indonesia semakin tidak menggembirakan. Realisasi lifting migas tahun 2017 mencapai 98,9% dari target APBN 2017. Di tahun 2018 hanya 96 persen. Data kinerja lifting 2019 jarak semakin melemah, hanya 90,5% dari target APBN 2019," detail Saadiah.

Dirinya meminta agar SKK Migas lebih serius menjaga lifting migas Indonesia. “SKK Migas harus beri perhatian serius. Penurunan produksi migas ini memprihatinkan," imbuhnya. (R1/Migas Indonesia)

SKK Migas Diminta Perjelas Offtaker Gas Masela SKK Migas Diminta Perjelas Offtaker Gas Masela Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Januari 16, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.