Hari Ini Elnusa Selesaikan Pembongkaran Anjungan YYA

Jakarta, OG Indonesia -- PT Elnusa Tbk (Elnusa) akan merampungkan proses decommissioning atau pembongkaran anjungan/platform YYA di perairan Karawang, Jawa Barat, pada Selasa (18/2/2020) ini. Untuk pekerjaan ini, Elnusa menggandeng PT Gunanusa sebagai partner konsorsium serta beberapa mitra kerja lainnya.


"Kita lakukan decommissioning di YYA, Karawang. Tanggal 18 (Februari 2020) besok selesai," kata Wahyu Irfan, Head of Corporate Communications Elnusa kepada wartawan di Jakarta, Senin (17/2/2020) petang. 

Proses decommissioning di YYA sendiri, diungkapkan Wahyu, sudah berjalan dalam dua bulan terakhir. "Kita pakai barges yang berbau crane, terus masing-masing bagian (kaki-kaki anjungan) dipotong dan diangkut," terang Wahyu.

Seperti diketahui anjungan YYA yang dikelola PHE ONWJ pada medio 2019 lalu mengalami kebocoran minyak dan sempat mencemari perairan di sekitarnya. Selepas itu anjungan YYA sudah tidak digunakan lagi.

Dalam Permen ESDM No 15 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pasca Operasi pada Kegiatan Usaha Hulu Migas yang mengacu pada UU Migas 22/2001, pihak KKKS memang harus melakukan ASR (Abandonment and Site Restoration) di mana salah satunya melaksanakan decommissioning kepada anjungan yang tak dipakai lagi.

Diterangkan Wahyu, Elnusa memang punya kemampuan untuk melakukan decommissioning bahkan sampai penyemenan sumur yang akan ditutup. Karena itu terbuka kemungkinan bagi Elnusa untuk mengembangkan jasa decommissioning di sumur-sumur minyak tua di berbagai wilayah Indonesia.

"Di Indonesia kan banyak sumur-sumur tua ya, itu yang lagi kita sasar. Kita optimis pekerjaan seperti ini ke depannya akan semakin banyak," pungkasnya. (RH/Migas Indonesia)
Hari Ini Elnusa Selesaikan Pembongkaran Anjungan YYA Hari Ini Elnusa Selesaikan Pembongkaran Anjungan YYA Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Februari 18, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.