Kerja Sama dengan 4 BUMN, SKK Migas Hasilkan Efisiensi Rp 3,5 Triliun

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Dalam rangka meningkatkan efisiensi di tengah penurunan harga minyak, SKK Migas menjalin kerja sama dengan PT Pertamina Persero,  Citilink Indonesia, Surveyor Indonesia dan Sucofindo untuk meningkatkan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada kegiatan usaha hulu migas. Nilai potensi penghematan yang akan dihasilkan selama masa kontrak kerjasama 5 (lima) tahun diperkirakan sebesar Rp. 3,5 triliun. 


Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto di Jakarta, pada Senin (30/3/2020) mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai langkah agar industri hulu migas nasional semakin efisien dan bergairah untuk melakukan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan produksinya. “Tujuan kami adalah agar target produksi 1 juta barel pada tahun 2030 dapat tercapai. Kerjasama ini adalah salah satu alat untuk mengusahakannya,” kata Dwi Soetjipto

Penandatanganan kerjasama antara SKK Migas dengan BUMN-BUMN dilakukan secara terpisah dari kantor masing-masing. Semua pihak bersepakat tidak mengadakan seremoni dan pertemuan, demi mendukung penanggulangan sebaran Virus Corona-19.

Kerjasama Dengan Pertamina

Kerjasama dengan PT Pertamina (Persero) akan dilakukan hingga Agustus 2024, untuk membantu penyediaan kebutuhan barang operasi berupa bahan bakar, pelumas dan petrochemical yang akan digunakan oleh industri hulu migas. Dengan adanya kerjasama tersebut, PT Pertamina (Persero) akan memberikan potongan harga kepada sektor hulu migas, yang besaran diskonnya tergantung pada volume pembelian.

“Kerjasama ini bertujuan untuk mengoptimalisasi dan memaksimalkan penggunaan produk BBM, Pelumas dan Oil Base yang dihasilkan Pertamina yang merupakan produksi dalam negeri untuk mendukung kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi,” tegas  Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Sulistya Hastuti Wahyu mengatakan, kerjasama ini memberikan  potensi penghematan cukup signifikan, yaitu sekitar Rp 3,405 triliun selama periode kontrak atau  Rp 682 miliar per tahun.

Kerjasama ini merupakan kelanjutan kerja sama yang pernah dilakukan kedua belah pihak pada tahun 2014 –2019. Berdasarkan data SKK Migas, selama 5 (lima) tahun pelaksanaan kerjasama tersebut, telah memberikan penghematan sebesar Rp 1,684 Triliun atau rata-rata penghematan setiap tahun mencapai Rp 336,8 Miliar. Nilai potensi penghematan periode kedua dapat ditingkatkan karena volume konsumsi BBM oleh KKKS lebih besar dan karena ada peningkatan nilai diskon yang diberikan PT Pertamina (Persero) kepada KKKS.

Kerjasama Dengan Citilink


Sementara itu, kerjasama dengan Citilink dilakukan untuk mendukung kebutuhan moda transportasi udara di sektor hulu migas yang lebih murah dan efisien. Kerjasama ini untuk melengkapi kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya dengan maskapai full service milik negara. Citilink akan memberikan memberikan potongan harga 20% dari basic fair atas harga tiket pesawat dan pemberian bagasi sebesar 20 kg secara gratis kepada calon penumpang dari pekerja SKK Migas dan KKKS.

Dari pemberian diskon tersebut, SKK Migas dan KKKS menargetkan penghematan awal sebesar Rp 1,5 Miliar dan diharapkan bertumbuh seiring peningkatan kegiatan pada proyek-proyek besar di hulu migas.   “Selain meningkatkan efisiensi, kerjasama ini akan memberikan ruang bagi KKKS untuk mengatur operasional lebih baik karena adanya pilihan pengunaan moda transportasi udara dengan biaya yang lebih kompetitif,” tambah Sulistya.

Direktur Utama Citilink Juliandra berharap kerja sama ini mampu memperluas segmen konsumen Citilink di sektor industri minyak dan gas bumi, mengingat area operasi SKK Migas tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan mobilitas karyawan yang bekerja di sektor ini cukup tinggi.

Beberapa rute penerbangan Citilink menjangkau wilayah kerja yang masuk di KKKS eksplorasi. Diharapkan kerjasama ini membantu efisiensi kegiatan survey dan pemboran eksplorasi menjadi lebih optimal.

Sepanjang tahun 2019 volume penerbangan seluruh KKKS mencapai 184.221 Pax dengan pengeluaran setara dengan Rp 280 miliar. Melalui kerjasama dengan Citilink, pengeluaran untuk transportasi udara akan dapat semakin diturunkan dengan harga tiket yang kompetitif dan diskon 20% dari tarif dasar melalui layanan penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier - LCC)

Kerjasama Dengan Sucofindo - Surveyor Indonesia

Sementara itu, kerjasama dengan Sucofindo – Surveyor Indonesia dilakukan untuk melakukan verifikasi realisasi TKDN kontrak barang dan jasa yang digunakan menunjang kegiatan KKKS. Melalui kerjasama ini Sucofindo - Surveyor Indonesia dan KKKS akan memberikan diskon minimal 5% dari standar yang dikeluarkan oleh Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO).  Atas diskon yang akan diberikan, potensi penghematan yang diperoleh hulu migas selama masa kontrak sekitar Rp 7,2 Miliar. Berdasarkan data tahun 2019, pengeluaran seluruh KKKS untuk kewajiban verifikasi TKDN mencapai Rp 105,3 Miliar.

Selain aspek biaya, kerjasama verifikasi TKDN dengan Sucofindo dan Surveyor Indonesia akan memberikan manfaat untuk standarisasi biaya verifikasi TKDN sejak WP&B, validitas database realisasi TKDN komoditas serta acuan referensi Kemampuan dalam negeri pada proyek-proyek hulu migas. Manfaat lain yang diharapkan adalah proses pengajuan tanda sah TKDN ke Ditjen Migas yang lebih cepat.


Selain itu, bagi KKKS yang menggunakan skema gross split, verifikasi TKDN melalui lembaga independen Sucofindo - Surveyor Indonesia dalam payung kerjasama dengan SKK Migas akan sangat membantu pengajuan realisasi Variabel Split TKDN yang akan ditandasahkan Ditjen Migas.

Direktur Utama PT Sucofindo (Persero) Bachder Djohan Buddin berharap kerja sama ini juga dapat mendukung SKK Migas untuk mendapatkan database kemampuan industri penunjang hulu migas, pelaksanaan pre-assesment TKDN proyek, dan estimasi perhitungan nilai TKDN terhadap proyek usaha hulu migas. “Sucofindo sebagai Badan Usaha Milik Negara yang memiliki kompetensi dalam melakukan Verifikasi TKDN di Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi siap mendukung kegiatan SKK Migas,” kata Bachder.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama PT Surveryor Indonesia (Persero) Dian M Noer mengatakan MOU  dengan SKK Migas menunjukkan kontribusi BUMN yang dipimpinnya dalam mendukung program pemerintah untuk memaksimalkan kemampuan dalam negeri ikut berkiprah di sektor hulu migas. “Dari kegiatan ini kami berharap akan ada gambaran kemampuan para penyedia barang/jasa dalam negeri yang mendukung kegiatan sektor hulu migas. Selanjutnya data tersebut akan digunakan untuk mengembangkan kemampuan dalam negeri, sesuai Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 15 Tahun 2013 tentang Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi,” katanya,

Industri hulu migas telah menjadi penggerak perekonomian nasional, termasuk didalamnya mendukung penguatan kapasitas industri nasional. Sejak tahun 2014, SKK Migas berhasil menjaga TKDN diatas 55%. Setiap tahun penggunaan TKDN dapat ditingkatkan, hingga di tahun 2019 mencapai 61% dari total nilai pengadaan US$  5,256 milyar atau mencapai US$ 1,964 miliar. (R1/Migas Indonesia)

Kerja Sama dengan 4 BUMN, SKK Migas Hasilkan Efisiensi Rp 3,5 Triliun Kerja Sama dengan 4 BUMN, SKK Migas Hasilkan Efisiensi Rp 3,5 Triliun Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Maret 31, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.