Masuki Hari ke-14, Clean Up Keruk Lagi Tanah Sedalam 40cm

Tangerang Selatan, OG Indonesia -- Upaya clean up yang dilakukan di wilayah perumahan Batan Indah akibat adanya paparan zat rafioaktif yang melebihi ambang batas, hari ini telah memasuki hari ke-14, Senin (02/03). Pada hari sebelumnya, status terakhir proses clean up telah melimbahkan tanah dan vegetasi yang diindikasikan terpapar zat radioaktif sebanyak 495 drum.


Pada hari ke-14 ini, Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Heru Umbara menjelaskan, pekerjaan clean up kali ini dilanjutkan dengan mengeruk tanah sedalam 40cm lagi. "Pada hari ini, kegiatan clean up dilanjutkan dengan mempertimbangkan hasil coring yang dilakukan sebelumnya yakni mengeruk tanah sedalam 40cm lagi," ujar Heru.

Hasil coring, jelas Heru, menunjukkan bahwa paparan di area terpapar akan normal bila dilakukan pengerukan lagi sedalam 40cm. Diharapkan hari ke-14 ini pengerukan dapat diselesaikan.

"Setelah dilakukan pengerukan dan dilakukan pengukuran terhadap paparan, selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan pihak Bapeten untuk menentukan langkah berikutnya terkait clearance," tambah Heru.

Status terakhir paparan di area yang terkontaminasi sudah menurun secara significant. Hingga hari ke-13 kemarin paparan terukur 2 mikrosievert, setelah pengerukan terakhir kali ini diharapkan kondisi tanah sudah normal.

Jumlah personil yang terlibat pada kegiatan clean up di hari ke-14 ini sebanyak 27 orang yang terdiri dari pegawai BATAN, Bapeten, dan Detasemen KBR (Kimia Biologi dan Radioaktif) Gegana.

Heru berharap, proses clean up kali ini berjalan lancar dan tidak terkendala cuaca. "Semoga clean up kali ini berjalan lancar dan semoga cuaca mendukung sehingga proses clean up segera selesai. Setelah mendapatkan pernyataan clearance dari Bapeten, proses selanjutnya adalah remediasi," pungkasnya. R3
Masuki Hari ke-14, Clean Up Keruk Lagi Tanah Sedalam 40cm Masuki Hari ke-14, Clean Up Keruk Lagi Tanah Sedalam 40cm Reviewed by OG Indonesia on Senin, Maret 02, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.