Ditopang Bisnis BBM, AKR Raih Laba Rp 228 Miliar di Kuartal I 2020

Jakarta, OG Indonesia -- PT AKR Corporindo Tbk, distributor BBM, bahan kimia dasar dan penyedia layanan logistik dan supply chain di Indonesia membukukan laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 228 Miliar selama Q1 2020. Capaian tersebut naik 13% dibandingkan tahun lalu.

Presiden Direktur AKR Corporindo, Haryanto Adikoesoemo memaparkan laba yang diperoleh perusahaannya pada tahun ini didukung kenaikan pendapatan perusahaan. Diungkapkan olehnya, pendapatan bersih perusahaan senilai Rp 6,34 triliun di kuartal I 2020, naik 25,86 persen dari pendapatan bersih periode sama tahun lalu yang sebesar Rp 5,03 triliun.

Pendapatan ini terdiri dari perdagangan dan distribusi bahan bakar minyak (BBM) senilai Rp 5,89 triliun, pendapatan dari hasil pabrikan Rp 99,99 miliar, pendapatan jasa logistik senilai Rp 214,24 miliar, dan pendapatan dari tanah kawasan industri dan lainnya senilai Rp 140,25 miliar.

"Perusahaan berhasil mempertahankan momentum pertumbuhan pada Q1 2020. Segmen perdagangan dan distribusi berkontribusi terhadap perumbuhan ini, ditambah dengan penjualan tanah JIIPE serta berlanjutnya pendapatan sewa. Fundamental AKR tetap solid dengan basis pendapatan yang beragam dan leverage yang rendah," terang Haryanto dalam keterangan resminya, Rabu (29/4/2020).

Ditambahkan olehnya, di tengah situasi pandemi COVID-19, AKR sepenuhnya mematuhi langkah-langkah pemerintah tentang Pembatasan Sosial. Namun AKR juga mendukung terjadinya perputaran ekonomi dengan tetap menyediakan produk-produk penting seperti BBM dan bahan kimia dasar. "Model bisnis AKR didasarkan pada mekanisme pass-through, baik itu untuk volatilitas harga produk maupun nilai tukar, yang bertujuan untuk menghilangkan risiko kehilangan persediaan," ucapnya.

Lebih lanjut Haryanto mengatakan, “Kami mengambil langkah-langkah yang diperlukan, terkait antisipasi atas lingkungan pertumbuhan PDB yang melambat dan perubahan dalam pasar minyak global. Manajemen sedang mengevaluasi perlambatan permintaan, harga yang fluktuatif, dan potensi gangguan rantai pasokan dengan seksama. Langkah-langkah ini akan memandu perusahaan dalam melakukan bisnis hingga perekonomian pulih." (R3/Migas Indonesia)
Ditopang Bisnis BBM, AKR Raih Laba Rp 228 Miliar di Kuartal I 2020 Ditopang Bisnis BBM, AKR Raih Laba Rp 228 Miliar di Kuartal I 2020 Reviewed by OG Indonesia on 11.06 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.