Medco Power Mulai Tajak Sumur Eksplorasi Geothermal di Blawan Ijen

Jakarta, OG Indonesia -- PT Medco Power Indonesia melalui anak perusahaannya Medco Cahaya Geothermal (MCG) memulai kegiatan tajak sumur (spud in) eksplorasi untuk IJN 6-1, yang merupakan sumur pertama dari total empat sumur yang direncakan dalam tahap eksplorasi untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang berlokasi di Blawan Ijen, Jawa Timur dengan perkiraan kapasitas 110 MW.


Pengeboran dua sumur pertama akan dilakukan akan mencapai kedalaman 2.500-3.000 meter. Kegiatan pengeboran ini direncanakan berlangsung sampai dengan akhir tahun 2020.

Medco Cahaya Geothermal merupakan perusahaan patungan antara Medco Power Indonesia dengan Ormat Geothermal Power yang telah memiliki Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dengan PLN untuk jangka waktu 30 tahun. Unit 1 pembangkit ini ditargetkan akan beroperasi secara komersial pada tahun 2022 -2023.

Eka Satria, Direktur Utama Medco Power menyampaikan bahwa dimulainya tajak sumur ini merupakan komitmen Medco dalam mengembangkan pembangkit listrik panas bumi yang ramah lingkungan menyusul proyek sebelumnya yaitu PLTP Sarulla 330 MW di Tapanuli Utara. "Kegiatan pengeboran ini adalah kelanjutan dari hasil pengeboran dua sumur slim hole yang telah dilakukan sebelumnya," ucap Eka dalam keterangan resminya, Rabu (1/4/2020).

Medco Power sendiri didirikan tahun 2004 dan merupakan produsen pembangkit listrik independen yang bernaung dalam kelompok usaha Medco Energi. Bergerak di sektor IPP dan O&M, Medco Power memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas (gross) lebih dari 3.100 MW di 20 lokasi di Indonesia. (R2/Migas Indonesia)
Medco Power Mulai Tajak Sumur Eksplorasi Geothermal di Blawan Ijen Medco Power Mulai Tajak Sumur Eksplorasi Geothermal di Blawan Ijen Reviewed by OG Indonesia on Rabu, April 01, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.