SKK Migas Identifikasi Dampak Wabah COVID-19 Terhadap Proyek Hulu Migas

Jakarta, OG Indonesia -- SKK Migas dan KKKS bekerja keras untuk menjaga agar proyek hulu migas yang ditargetkan selesai pada tahun 2020 dapat direalisasi tepat waktu. Tahun ini ada sekitar 11 proyek hulu migas yang ditargetkan onstream. 

Namun menghadapi wabah COVID-19 dan penurunan harga minyak ini, menurut Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno, mengatakan bahwa pihaknya harus duduk bersama dengan KKKS untuk mengevaluasi kegiatan yang dilakukan, termasuk mengevaluasi target capaian proyek.

“Hampir semua KKKS  yang kami hubungi meminta akses khusus untuk pekerja dan material yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan yang mereka lakukan. Oleh karena itu kami harus membuat perencanaan ulang. Tujuannya agar kegiatan yang kami lakukan memberi manfaat maksimal bagi negara,” ucap Julius di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Sejauh ini SKK Migas telah mengindentifikasi beberapa dampak yang ditimbulkan COVID-19 terhadap proyek hulu migas, antara lain transportasi material lebih lama, khususnya pengiriman material dari luar negeri, mobilisasi pekerja ke lokasi lebih sulit karena perizinan dan waktu karantina, kegiatan manufaktur peralatan migas untuk proyek tertunda atau lebih lama, persetujuan pengurusan perijinan lebih lama, serta produktivitas engineering dan konstruksi menjadi lebih rendah.

Disampaikan olehnya, beberapa upaya yang dilakukan agar proyek kegiatan tetap dapat dilaksanakan, tidak berhenti total. Salah satunya, meminta agar para kepala daerah memberikan privilege terhadap pergerakan manusia dan barang yang dibutuhkan oleh hulu migas, tanpa melanggar kaedah kehati-hatian.

“Dalam menjalankan operasi, kami selalu menjunjung tinggi keselamatan kerja. Oleh karena itu kami juga setuju dengan adanya protocol yang ketat dalam menghadapi wabah COVID-19 ini. Namun demikian kami berharap agar kegiatan lapangan tetap dapat dijalankan walaupun dengan pergerakan yang berkurang tersebut,” ucapnya. (R1/Migas Indonesia)
SKK Migas Identifikasi Dampak Wabah COVID-19 Terhadap Proyek Hulu Migas SKK Migas Identifikasi Dampak Wabah COVID-19 Terhadap Proyek Hulu Migas Reviewed by OG Indonesia on Rabu, April 08, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.