Terjadi Semburan Uap Pada Pengeboran Sumur di Proyek PLTP Ijen


Bondowoso, OG Indonesia -- PT Medco Cahaya Geothermal (MCG), menginformasikan bahwa pada hari Minggu (26/4/2020) kemarin telah terjadi semburan uap pada pengeboran sumur IJN 6-1 pada proyek PLTP Ijen yang terletak di wilayah Blawan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur.

Semburan uap terjadi pada waktu pengeboran sumur IJN 6-1 di kedalaman dangkal 630 meter, setelah memasuki steam reservoir yang bersuhu tinggi. Diungkapkan Eka Satria, Direktur Utama Medco Power, kejadian ini merupakan peristiwa yang dapat terjadi dalam pengeboran panas bumi dan telah diantisipasi dengan pemasangan BOP (Blow Out Preventer). 

"Di mana pada saat kejadian, BOP berfungsi normal namun karena tekanan dan temperatur yang semakin meningkat maka terjadilah pengaliran uap ke permukaan," terang Eka kepada OG Indonesia, Senin (27/4/2020) pagi.

Dilanjutkan olenya, dari kejadian tersebut tidak terdeteksi adanya gas berbahaya yang dapat membahayakan masyarakat setempat dan situasi tetap terkendali.

"Sampai saat ini pihak MCG masih mengatasi semburan uap tersebut dengan menstabilkan sumur melalui pemompaan lumpur berat pengeboran, dan diharapkan kondisi dapat segera diatasi," jelasnya.

Kejadian tersebut sendiri, sambung Eka, telah dilaporkan dan telah dikoordinasikan dengan Institusi Pemerintahan terkait, pemerintah daerah setempat dan telah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar.

PT Medco Cahaya Geothermal (MCG) yang memegang pengelolaan Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Blawan Ijen merupakan perusahaan patungan antara PT Medco Power Indonesia dan PT Ormat Geothermal Power. RH
Terjadi Semburan Uap Pada Pengeboran Sumur di Proyek PLTP Ijen Terjadi Semburan Uap Pada Pengeboran Sumur di Proyek PLTP Ijen Reviewed by OG Indonesia on Senin, April 27, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.