Diluncurkan, PAKKEM Ingin Tingkatkan Kompetensi Ahli K3 Migas

Edi Purnomo, Ketua Umum PAKKEM
Foto: Hrp

Jakarta, OG Indonesia -- Setelah berdiri sejak 8 Januari 2020 lalu, Perkumpulan Ahli Keselamatan dan Keteknikan Minyak dan Gas Bumi Indonesia (PAKKEM) resmi diluncurkan pada hari ini, Jumat (8/5/2020). PAKKEM diperkenalkan ke publik dalam diskusi perdana PAKKEM bertajuk "Membangun Kompetensi dan Budaya Keselamatan Migas" yang dilangsungkan secara virtual lewat aplikasi Zoom.

"Visi kami ingin menjadi perkumpulan yang mampu meningkatkan kompetensi para ahli keselamatan dan keteknikan di lingkungan migas secara profesional," kata Edi Purnomo, Ketua Umum PAKKEM. 

Edi meyakinkan bahwa visi tersebut tidak hanya sekadar menjadi kalimat di "langit" tetapi bisa menjadi program yang nyata di "bumi". "Program paling banyak nantinya adalah pengembangan SDM anggota melalui peningkatan keahlian dan keterampilan," jelasnya.

Dalam rencana kerja 2-5 tahun ke depan, Edi memaparkan bahwa PAKKEM akan berupaya meningkatkan profesionalisme ahli K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), melakukan pengembangan keilmuan dan teknologi terkait K3 Migas, serta menggalang kerjasama dengan komunitas K3 internasional dan perusahaan migas dunia.

Ditambahkan Edi, dalam pengembangan kompetensi para ahli K3 Migas tersebut PAKKEM akan lebih memanfaatkan teknologi digital dan informasi yang ada seiring dunia memasuki revolusi industri 4.0. "Sebelum COVID-19 ini, PAKKEM bekerjanya sudah online. Tidak lagi konvensional, bertemu dan seterusnya," bangga Edi. Selain itu, PAKKEM pun berupaya menggaet banyak kaum milenial untuk bergabung. 

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Kementerian ESDM Adhi Wibowo menyambut baik berdirinya PAKKEM. Disampaikan olehnya, keselamatan kerja adalah hal yang sangat penting dalam lingkungan kerja migas agar operasional migas juga bisa berjalan dengan baik. "Jangan sampai mengganggu lingkungan dan masyarakat umum di sekitar instalasi kita," pesannya.

Karena itu menurut Adhi, SDM yang bertugas untuk menjaga keselamatan kerja serta lingkungan di bidang migas harus memiliki keahlian dan keterampilan yang mumpuni. "Untuk itu perlu kompetensi serta sertifikasi dari para pekerja (ahli K3 Migas)," tegasnya.

Adapun susunan pengurus PAKKEM adalah:

- Pengawas: Mirza Mahendra (Ketua), Adhi Wibowo, Soehatman Ramli, Komar Adiwidjaja, Waluyo

- Ketua Umum: Edi Purnomo
- Sekretaris Umum: A. Halim Hamid
- Sekretaris: Aldi Renaldhi
- Bendahara: Banarwoto
- Ketua Bidang I (Umum dan Organisasi): Syaifullah
- Ketua Bidang II (Kajian, Konsulting dan Pengembangan): Gama Widyaputra
- Ketua Bidang III (Pembinaan dan Pelatihan): Sugiarto
- Ketua Bidang IV (Kerjasama dan Sosialisasi): Samsi Y. Samoeri
- Ketua Bidang V (SDM dan Audit): Joko Hadi Wibowo (RH/Migas Indonesia)
Diluncurkan, PAKKEM Ingin Tingkatkan Kompetensi Ahli K3 Migas Diluncurkan, PAKKEM Ingin Tingkatkan Kompetensi Ahli K3 Migas Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Mei 08, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.